WAJAH BARU TAMAN SRI SOEDEWI

TAMAN ANGGREK SRI SOEDEWI
TAMAN ANGGREK SRI SOEDEWI
Share

Sekitarjambi.co - Kota Jambi, Angin yang berhembus sejuk. Hamparan bunga anggrek yang tertata rapi diatas rerumputan hijau yang luas. Matahari yang bersinar terik tertutup oleh rimbunnya pohon – pohon tua yang berada di Taman Anggrek Sri Soedewi. Taman yang diresmikan pada tahun 1983 oleh ibu tien soeharto ini seakan menjadi salah satu icon di kota jambi.

Taman yang berada di Jl. Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, berjarak cukup dekat dengan kantor pemerintahan Provinsi Jambi. Taman Anggrek Sri Soedewi sendiri terletak didepan kantor Gubernur Provinsi Jambi, serta terletak di samping Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Menjadikan letak taman ini menjadi strategis sehingga banyak dikunjungi masyarakat untuk menikmati suasana ruang terbuka hijau di sana.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini tidak hanya menawarkan keindahan tanaman anggrek saja, namun juga memberikan pengetahuan. Sehingga jika kita berkunjung ketaman ini, tidak hanya sekedar keindahan dan hasil foto yang didapat namun kita juga mendapat banyak pengetahuan mengenai jenis - jenis tanaman dan cara membudidayakan tanaman anggrek.

Ketika melangkahkan kaki di taman ini, mata seolah dimanjakan oleh pemandangan indah bunga - bunga. Tanaman anggrek yang tergantung di pohon mengundang mata siapa saja untuk menatapnya, bunga yang dalam bahasa latin disebut phalaenopsis fimbriata ini berukuran 2 inci dengan kombinasi warna putih dan ungu di mahkotanya. Suku anggrek - anggrekan merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Sehingga tak heran terdapat sekitar 54 jenis tanaman anggrek yang tertanam di taman ini.

Kini Taman Anggrek Sri Soedewi memiliki wajah baru. Dengan dibangunnya Jembatan layang “jelayang” semakin menambah daya tarik taman ini. Jembatan yang dibuat dari beton tersebut. Memiliki jalur berlantaikan batu dilengkapi dengan besi pengaman di setiap sisinya. Jembatan ini dibuat mengitari taman. Sehingga pengunjung dapat berjalan – jalan diatasnya sambil melihat tanaman anggrek serta menjadi spot foto yang menarik. Selain jelayang, taman ini pula menambah dan menata kembali Tanaman anggrek menjadi lebih banyak serta penambahan gazebo - gazebo dan tempat duduk untuk memanjakan pengunjung yang datang.

Dikelilingi dengan pemandangan yang indah serta memiliki spot - spot foto yang menarik,taman ekowisata yang terletak di daerah perkantoran ini memiliki banyak pengunjung disetiap harinya. Mulai dari masyarakat local hingga masyarakat luar. Perjalanan disekitar taman yang cukup luas ini tidak henti - hentinya meyuguhkan keindahan yang memanjakan mata, banyak pengunjung yang sengaja datang mampir hanya untuk jalan – jalan atau sekedar duduk merileksasi tubuh

Untuk berkeliling taman, kita bisa memilih untuk melewati langsung tanaman – tanaman disana atau melewati jembatan yang terletak tinggi diatas taman, hingga dapat menjangkau seluruh luas taman.

Hampir di setiap tanaman, akan ada tulisan yang menempel dibatang tanaman dan menjelaskan informasi mengenai tanaman tersebut. Jadi akan banyak ilmu yang pengunjung dapatkan jika berkunjung ketaman ini.

Perbaikan dan pembaruan taman terus masih dilakukan, hal ini terlihat dari di revitalisasinya taman ini, lahan parkir dan dibangunnya jembatan pedestrian yang melintasi hingga memutari taman yang dihiasi dengan dekorasi lampu di area taman, sehingga dengan ini tak hanya hingga sore hari namun berlaku juga jam malam untuk pengunjung yang ingin dating ketaman ini pada malam hari.

Risda Evrida salah satu Mahasiswa Universitas Jambi, menerangkan bahwa dirinya cukup terkejut melihat perubahan taman anggrek. “dulu sewaktu saya pernah kesini, taman ini belum seindah ini. Dulu belum ada jembatan pedestrian dan dulu tanamannya masih agak sedikit serta gazebo nya masih terbatas. Namun sekarang kaget aja gitu taman ini udah indah banget”. Ujar Risda.

Taman Anggrek Sri Soedewi seolah – olah menghidupkan kembali suasana sejuk yang mulai punah, keberadaannya berfungsi sebagai penyejuk ditengah kota yang penuh dengan polusi kendaraan dan pembangunan kota saat ini.

Penulis: Widia
Editor: Indi




Pilkada Harus Aman Covid-19

  • Kamis, 06/08/2020 07:25:57 WIB
  • Dibaca: 883

JAKARTA – Pelaksanaan Pilkada Serentak akan digelar pada 9 Desember 2020 m mendatang. Semua persiapan terus d...