KAMPUS HIJAU UNIVERSITAS BATANGHARI

Universitas Batanghari
Universitas Batanghari
Share

Sekitarjambi.co - kota jambi, Universitas Batanghari yang disingkat UNBARI adalah perguruan tinggi swasta yang didirikan dan bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Jambi. Catatan sejarah menunjukkan bahwa Universitas Batanghari merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Menyadari kenyataan bahwa meningkatnya permintaan terhadap pendidikan tinggi tidak dapat diimbangi oleh peningkatan daya tampung perguruan tinggi negeri, maka yayasan pendidikan jambi merasa tertantang untuk mengubah STKIP Jambi menjadi embrio dalam mewujudkan suatu universitas swasta di daerah ini. Atas keinginan yang kuat dari masyarakat agar tersedianya institusi pendidikan tinggi dalam cakupan yang lebih luas, maka pada tanggal 1 November 1985 secara resmi berdirilah Universitas Batanghari. Berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Jambi sekaligus mengangkat Drs. Kemas Mohamad Saleh sebagai rektor pertama. Pada kesempatan yang sama dilakukan penyerahan mahasiswa kepada rektor sejumlah 362 orang yang tersebar di empat fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik.

            Kampus yang saat ini berada di bawah pimpinan rektor H. Fachruddin Razi, S.H., M.H. terkenal dengan sebutan The Green Campus ini, terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 1, RT. 09, Sungai Tlk, Kota Jambi. UNBARI hadir menjadi pelita bagi para mahasiswa yang ingin menimba ilmu dan meraih kesuksesan. Disinilah penyelenggaraan pendidikan semua fakultas pada umumnya dilaksanakan.

            Akuntabilitas program pendidikan akademik Unbari telah diakui oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui penilaian secara eksternal dengan predikat TERAKREDITASI. Saat ini Universitas Batanghari memiliki 5 Fakultas dengan 16 Program Studi, yang terdiri 13 Program Studi jenjang pendidikan Strata satu (S-1), 2 Program Studi jenjang pendidikan Strata dua (S-2), dan 1 Program Studi jenjang pendidikan Diploma tiga (D-3).

            Pilihan program studi yang luas, mulai dari bidang sosial (ilmu ekonomi, hukum, manajemen, keguruan dan pendidikan) sampai bidang eksakta. Unbari juga menyediakan fasilitas berupa Gedung Rektorat, 4 Gedung Kuliah, Perpustakaan Universitas, Fakultas dan Prodi, Pusat Komputer dan E-Learning, Lab. Komputer, Lab. Bahasa. Lab. Micro Teaching, Lab. Dasar, Lab. Teknik Sipil, Lab. Teknik Lingkungan, Lab. Teknik Listrik, dan Lab. Agribisnis.

            Selain fasilitas yang lengkap dan terkini, lingkung letak kampus yang nyaman dan strategis dalam wilayah Kota Jambi. UNBARI juga menawarkan beberapa kesempatan Beasiswa bagi mahasiswanya diantaranya Bidikmisi, Pemda Provinsi Jambi, PPA, BBM, Peningkatan Prestasi Ekstrakulikuler, Tugas Akhir (kopertis), BAZNAS Provinsi Jambi dan Conoco Philips.

            Kampus Hijau ini melakukan pembinaan kemahasiswaan dengan baik terutama dalam bidang penalaran, minat, dan bakat. Secara operasional dilaksanakan di tingkat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu, bidang Olahraga, Seni, Pecinta Alam, Pramuka, Kerohanian, Pers Mahasiswa, Majalah Kampus  dan lain-lain. Salah satu Prestasi yang diraih mahasiswa yaitu Mendali Emas Karate
se Asia.

            Meskipun UNBARI merupakan Universitas swasta namun peminatnya cukup banyak terbukti pada tahun akademik 2018/2019 jumlah mahasiswa Universitas Batanghari yang aktif tercatat sebanyak 5.871 orang, dengan jumlah lulusan (alumni) sampai wisuda ke 44 pada bulan November 2018 sebanyak 12.619 orang.

            Yang membuat kampus ini berbeda adalah Visi yang diembannya yaitu Universitas Batanghari menjadi pusat unggulan dalam pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni atas dasar akhlak mulia untuk kesejahteraan masyarakat. Fakultas dituntut tidak hanya mampu unggul dalam skill namun juga memiliki etika yang baik pula.

 

Penulis: Widia, Reza
Editor: Indi




Komisi IV DPRD Kota Jambi Bahas Sejumlah Perda

  • Senin, 21/10/2019 14:53:58 WIB
  • Dibaca: 96

Menjelang 100 hari kerja masa jabatan DPRD Kota Jambi periode 2019-2024. Saat ini Komisi IV DPRD Kota Jambi tengah memba...