STIE Muhammadiyah Jambi Telah Resmi Menjadi Universitas Muhammadiyah Jambi

STIE MUHAMMADIYAH JAMBI
STIE MUHAMMADIYAH JAMBI
Share

Sekitarjambi.co - kota jambi, Kampus adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi dan riset yang memberikan gelar dan akademis dalam berbagai mata pelajaran. Kampus juga berfungsi untuk mempersiapkan mahasiswa (peserta didik) menjadi manusia yang memiliki perilaku, nilai dan norma sesuai system yang berlaku sehingga mewujudkan totalitas manusia yang utuh dan mandiri untuk menghadapi kehidupan sosial.

Melalui kehidupan kampus, diharapkan mahasiswa lebih intelektual, bersikap kritis dan lebih peka terhadap lingkungan social dan mampu mengontrol sebuah kehidupan social pada masyarakat dengan cara memberikan saran, kritik serta solusi untuk permasalahan social masyarakat ataupun bangsa.

Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisirtimur di bagian tengah Pulau Sumatra. Jambi adalah salah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibu kota nya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo. Provinsi Jambi memiliki beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang tersebar di beberapa daerah, salah satunya Universitas Muhammadiyah Jambi.

Kampus yang dikenal dengan nama STIE  Muhammadiyah Jambi ini berlokasi di Jl. Kapten Pattimura Simpang IV Sipin, Kota Jambi adalah salah satu kampus swasta yang berada di kota jambi. Kampus ini mulai berdiri pada tahun 1993 yang bercikal bakal dari keakademikkan keuangan dan perbankan D3, lalu pada tahun 2004 berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi. Dan yang terakhir 17 Juni 2019 lalu telah resmi berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Jambi yang ditetapkan berdasarkan surat kementrian riset teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Berdiri pada tahun 1993, STIE Muhammadiyah Jambi yang kini telah berganti nama menjadi Universitas Muhammadiyah Jambi masih terbilang baru. Saat ini Universitas Muhamadiyah Jambi mempunyai dua program studi yaitu S1 Ekonomi Pembangunan dan S1 Manajemen. Selain dua program studi tersebut, rencananya ada penambahan tiga program studi yaitu,  program  studi Sistem Informasi,  Informatika,  dan Kehutanan, semuanya S1.

Ketua Universitas Muhammadiyah Jambi, Nurdin, S.E., M.E, mengatakan, sesuai Undang- undang, untuk prodi masih mengikuti akreditasi lama yaitu C, misalnya akreditasi Ekonomi Pembangunan, jadi sebelum masa berlakunya habis kita masih diakui, begitu juga dengan manajemen kita masih C, tahun depan mau reakreditasi. Untuk prodi baru sesuai dengan Undang undan gitu statusnya masih Terakreditasi namun setelah dua tahun berdiri harus melakukan reakreditasi.

Kalau untuk prodi yang lama keduanya favorit, namun belum tau dengan adanya prodi yang baru karena baru dalam minggu ini kita baru mengadakan promosi segala macam, kita belum liat ketertarikan pendaftar, tapi kita melihat kecenderungan nanti kemungkinan Sistem Informasi atau Informatika menjadi salah satu prodi yang akan mengikuti dua prodi sebelumya, ungkap-Nya.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru tahun 2019 gelombang pertama sudah dibuka dan selesai, pas gelombang kedua ini kita mulai mendaftarkan 3 prodi terbaru. Jalur prestasi rangking satu sampai sepuluh kita tidak melakukan tes, lalu jalur regular kita melakukan tes. Untuk yang berprestasi uang pendaftaran digratiskan 50% saja. Untuk sistim pendaftaran dan tes selanjutnya sudah online.

Untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdapat dikampus ini cukup banyak, seperti Mapala, Seni (Kajanglako), Keagamaan, Kewanitaan, Organisasi Mahasiswa Muda dan masih banyak yang lainnya. Yang terfavorit adalah Seni Kajanglako, dimana sering diajak tampil ke acara - acara kesenian di luar kampus.

Kampus ini juga sedang melakukan pembangunan gedung baru enam lantai yang akan dijadikan sebagai bangunan utama Universitas tersebut. Beberapa ruangan seperti ruang Pimpinan, Akademik, Keuangan, Humas, dan ruang belajar mengajarakan menjadi bagian dari gedung  yang  masih dalam tahap pembangunan tersebut.

Guna mendukung proses belajar mengajar, kampus ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang perkuliahan ber-AC, Perpustakaan yang dilengkapi dengan E-library, Pusat Karir, Ruang Aula, Galery Infestasi, BI Corner, Lab. Toefl, Lab. Komputer, Tempat Ibadah, dan lain sebagainya.

Keunggulan dari kampus ini bernuansa islami dan juga sudah mempraktek kan mahasiswa wanita dan laki - laki dipisah, walaupun kampus bertema islam, tetapi mahasiswa yang beragama non muslim pun tetap bisa kuliah disini.

 

Penulis: Novi, Alin
Editor: Indi




Komisi IV DPRD Kota Jambi Bahas Sejumlah Perda

  • Senin, 21/10/2019 14:53:58 WIB
  • Dibaca: 96

Menjelang 100 hari kerja masa jabatan DPRD Kota Jambi periode 2019-2024. Saat ini Komisi IV DPRD Kota Jambi tengah memba...