KAMPUS UNGU STMIK NH JAMBI TAK PERNAH JEMU UNTUK DICERITAKAN

STMIK NURDIN HAMZAH JAMBI
STMIK NURDIN HAMZAH JAMBI
Share

Sekitarjambi.co – kota jambi, Tak sekalipun merasa jemu ketika menceritakan tentang salah satu Perguruan Tinggi swasta di Provinsi Jambi. Ya salah satunya adalah STMIK NH atau kita juga mengenalnya dengan sebutan “Kampus Ungu” Jambi. disebut begitu, karena memang latar warna kampus tersebut didominasi dengan warna ungu bahkan warna almamater yang digunakan mahasiswanya juga berwarna ungu. Namun sebelum mendapat julukan “kampus ungu”  STMIK NH pertama kali berdiri pada tahun 1992 dengan nama Akademik Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK), yang pada saat itu hanya membuka program Diploma III (D3) Manajemen Informatika saja.

Tetapi seiring berjalannya waktu dengan melihat kepada perkembangan pendidikan serta peluang yang ada pada tahun 1998 Akademik Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nurdin Hamzah, selain perubahan nama STMIK juga turut membuka Program strata-1 (S-1), jurusan Sistem Informasi dan  Program strata-1 (S-1) Teknik Informatika.

            Walaupun hanya berstatus sebagai sekolah tinggi sewasta, namun prestasi yang telah diraih tidak bisa dianggap remeh. Seperti prestasi dari institusi nya sendiri, STMIK NH telah mampu menjalin kerja sama dengan Institusi luar negri dua diantaranya yaitu International Islamic Univercity National ( IIUN ) Malaysia dan Ming Chi Univercity Of Technology (MCUT) Taiwan. Sedangkan prestasi dari segi mahasiswa nya cukup banyak salah satu diantranya mahasiswa dari STMIK NH yang bernama Ivan Fahlevi di undang langsung untuk menjadi juri lomba programer di Nigeria tentunya hal tersebut adalah hal yang cukup membanggakan karena salah satu mahasiswa nya telah mampu tembus sebagai juri lomba programmer tingkat International.

“Jika ditanya terkait prestasi tentunya cukup banyak ya, kalau dari segi Institusi dua diantaranya Institusi kami telah mampu menjalin kerja sama dengan institusi luar negeri, yaitu : International Islamic Univercity National ( IIUN ) Malaysia dan Ming Chi Univercity Of Technology (MCUT) Taiwan. Sedangkan prestasi dari segi mahasiswa salah satu mahasiswa kami pernah diundang langsung menjadi juri Lomba Programer tahap International di Nigeria“, tutur bapak Lailim Fuat, M. Kom yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua 1 di STMIK NH.

       Selain prestasi yang cukup membanggakan tadi, STMIK NH juga mempunyai Visi untuk menjadi perguruan tinggi terkemuka dilingkungan LLDIKTI Wilayah X dalam pengembangan ilmu di bidang Ilmu Teknologi (IT) berbasis technopreneur pada tahun 2022 berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

       Walaupun STMIK NH adalah institusi berbasis ilmu teknologi, namun di STMIK NH juga terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa  (UKM) yang cukup menarik yaitu, UKM FORKALAM (Forum Kajian Islam), UKM KREASTIK ( yang bergerak di bidang Kreativitas dan Seni ) lalu ada juga UKM MAKOPALA DIMITRI (yang bergerak dibidang pecinta alam).

“ STMIK NH mungkin memang bergerak dalam bidang teknologi namun dalam segi kegiatan mahasiswa STMIK NH juga membuka unit kegiatan lain seperti UKM FORKALAM (Forum Kajian Islam), UKM KREASTIK ( yang bergerak di bidang Kreativitas dan Seni ) lalu ada juga UKM MAKOPALA DIMITRI (yang bergerak dibidang pecinta alam)” Tutur Bapak Lailim Fuat, M. Kom yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua 1 di STMIK NH.

       Selain hal - hal diatas  STMIK NH juga mempunyai kelebihan lain yang tentunya tidak semua perguruan tinggi swasta memilikinya yaitu :

  1. Semua program Studi telah terakreditas B seperti yang kita tahu di provinsi jambi masih sulit menemukan sebuah program studi yang memiliki akreditas B namun STMIK NH telah ter akreditas B di setiap prodinya. Selain itu Tahun ini STMIK NH juga sedang Progres untuk menaikan akreditasnya tidak menutup kemungkin sebentar lagi akreditas STMIK NH akan menjadi A.
  2. Semua dosen yang berada di STMIK NH sudah
  3. Tersedia Beasiswa Pendidikan seperti :
  • beasiswa Ranking

yang mana pada beasiswa ranking ini bagi siswa yang berhasil menyambut rangking 1,2, dan 3 dibebaskan biaya pembangunan

  • Beasiswa Yayasan

( dalam beasiswa yayasan ini mahasiswa dibebaskan uang SPP 2,3,4,5 dan 6 untuk IPK tertinggi di setiap prodi )

  • Beasiswa Dikti PPA
  • Dan juga Beasiswa Bidikmisi
  1. Terakhir yang paling penting STMIK NH Telah memiliki kerjasama dengan institusi dalam dan luar negri. Tentunya itu menjadi point plus Tersendiri Bagi STMIK NH
Penulis: Andika
Editor: Indi




FAATUMBU DUHA, SE : TIGA PRINSIP JITU MENJADI WAKIl RAKYAT

  • Senin, 11/03/2019 15:16:22 WIB
  • Dibaca: 188

Sekitarjambi.co, Kota Jambi - Faatumbu Duha, SE, sebagai tokoh masyarakat (pengusaha) memberikan pandangan tiga prinsip ...