Kampus Pinang Masak Universitas Jambi

UNJA MENDALO
UNJA MENDALO
Share

Sekitarjambi.co – Muaro Jambi, Universitas Jambi yang disingkat UNJA adalah perguruan tinggi negeri di Jambi, yang berdiri pada 23 Maret 1963. UNJA juga dikenal dengan “Kampus Pinang Masak”.Saat ini berada di bawah pimpinan rektor Prof. H. Djohni Najwan, S.H., M.H., Ph.D. UNJA memiliki 14 Fakultas dengan lebih dari 80 Program Studi atau jurusan.

Terletak di Jl. Lintas Sumatera Jl. Jambi Muara Bulian No.Km 15, Mendalo Darat, Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. UNJA hadir menjadi pelita bagi para mahasiswa yang ingin menimba ilmu dan meraih kesuksesan.

Kampus pinang masak adalah kampus utama Universitas Jambi. Yang meliputi areal seluas 100,1 Ha yang tidak saja terdiri dari bangunan/gedung perkantoran atau perkuliahan, melainkan juga kawasan hutan dan kebun-kebun percobaan. Disinilah penyelenggaraan pendidikan semua fakultas pada umumnya dilaksanakan. Selain berlokasi di UNJA Mendalo, UNJA juga terletak di beberapa daerah yang tersebar di Provinsi Jambi, diantaranya UNJA Pasar, UNJA Telanaipura, UNJA Muara Bulian, UNJA Sarolangun, UNJA Muara Sabak, UNJA Buluran, UNJA Pondok Meja, dan UNJA Kuala Tungkal.

UNJA telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat B secara institusi berdasarkan keputusan nomor 486/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 dari BAN PT. selain itu, sebagian besar program studi/jurusan di UNJA telah mendapatkan akreditasi yang baik.

Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.Seperti perpustakaan baik perpustakaan universitas maupun fakultas, klinik kesehatan, auditorium/balairung, dan beberapa fasilitas olah raga indoor maupun outdor, indoor diantaranya lapangan tenis meja, lapangan futsal, bulutangkis, bola basket, badminton, bola voli. Dan outdoor terdapat lapangan yang berukuran luas tepat di depan balairung Universitas Jambi. Juga tersedia kantin disetiap fakultasnya.

Universitas jambi memberikan fasilitas asrama bagi mahasiswa penerima beasiswa BIDIKMISI khususnya laki-laki. Asrama tersebut berada di dalam area kampus Unja Mendalo tepatnya di area belakang. Untuk menuju ke asrama terdapat dua jalan, pertama dapat melalui jalan yang berada di sebelah kanan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), kedua melalui jalan yang berada di Fakultas Hukum.

Asrama mahasiswa Unja terdiri dari 4 lantai dengan 96 kamar.Fasilitas yang disediakan untuk kamar meliputi ranjang lengkap dengan kasur, bantal, guling, meja belajar dan kursi. Fasilitas diluar kamar seperti kamar mandi, dapur umum, air bersih, area parkir motor, dan penjagaan oleh satuan pengamanan 24 jam.Selain itu terdapat pula tempat ibadah yakni Masjid Jami Assalam masjid terbesar di Kampus Unja Mendalo yang tepatnya di sebelah Asrama tersebut.

Sebagai Universitas, UNJA telah melakukan berbagai peningkatan, terbukti kini UNJA telah memiliki centra bisnis dan taman yang memiliki jembatan pedestrian Tasik Tun Telanai di tengah danaunya. Tasik Tun Telanai di ambil dari kata Tasik dan Tun Telanai yang mana Tasik merupakan istilah untuk ekosistem yang perairannya tidak mengalir, sementara kata TunTelanai di ambil dari nama Raja Melayu Jambi. Tasik Tun Telanai dibangun sebagai resentatif menghilangkan penat mahasiswa. Yang mana di samping Tasik Tun Telai itu juga disediakan beberapa pandopo sehingga bisa digunakan sebagai tempat diskusi maupun pelepas penat, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

SelainTasikTunTelanai, UNJA kini juga memiliki Centra Bisnis yang mendukung pelaksanaan pendidikan berkualitas, baik di tingkat nasional maupun internasional menjadi World Class Entrepreneurship University sebagaimana Visi dari Universitas Jambi.

Penulis: widia, reza
Editor: MHZ




RAPAT PARIPURNA DPRD KOTA JAMBI DALAM PENGAMBILAN SUMPAH DAN PERESMIAN KETUA DPRD MASA JABATAN 2019-2024

  • Jumat, 04/10/2019 13:50:06 WIB
  • Dibaca: 60

KOTA JAMBI-Rapat paripurna DPRD KOTA JAMBI dalam rangka pengambilan sumpah dan peresmian ketua DPRD KOTA JAMBI masa jaba...