Universitas Islam Negeri STS Jambi

UIN Sultan Thaha Saifuddin  Jambi
UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi
Share

Sekitarjambi.co - kota jambi, Lahirnya Institute Agama Islam Negeri Sultan Thaha Saifudin Jambi tidak terlepas dari perkembangan Agama Islam. Demak juga lembaga pendidikan Islam yang ada di Provinsi Jambi. Pada tahun 1967 berdiri IAIN sultan Thaha Saifuddin Jambi dibawah naungan kementrian Agama Republik Indonesia.

Pada usia ke 50 Institusi ini beralih status menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS). Pengembangan dari IAIN menjadi UIN merupakan cara untuk meningkatkan kualitas ilmu disimplin Islam, dikarenakan banyaknya mahasiswa yang memilih untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi UIN STS Jambi. Perubahan ini juga menyebabkan peningkatan jumlah kuota mahasiswa dan peminat.

Peralihan status tersebut sekaligus merupakan komitmen perguruan tinggi untuk menyajikan proses pembelajaaran yang inovatif, kompetitif, responsive dan berlandaskan nilai-nilai Islam. Kampus ini merupakan  bagian jejaring Internasional termasuk membina kerjasama dengan Massey University (Selendia Baru dan Universitas Teknologi Malaysia).

Universitas Islam Negeri ini berada di Jl. Lintas Jambi- Muara Bulian KM 16 Simpang Sungai Duren Jambi. Kampus yang mempunyai 5 Fakultas dan 24 Program Studi yang terdiri dari 4 Program Studi Jenjang Pendidikan Strata satu (S-1), Satu program studi jenjang pendidikan Diploma tiga (D-3), dan program Pascasarjana.

UIN STS Jambi pada tahun ini akan menerima 3.670 mahasiswa baru. Hal ini berdasarkan keputusan Rektor UIN STS Jambi nomor 359 Tahun 2019. Di tahun ini pun ada tiga Prodi baru diantaranya prodi kimia, fisika dan sistem informasi.

Ada tiga Prodi favorit yang terdapat di kampus ini seperti Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Syariah, dan Ilmu Pemerintah. Selain itu ada empat Prodi yang sudah mendapatkan akreditasi A, diantaranya pendidikan Agama Islam, pendidikan Bahasa Arab, Management Pendidikan Islam dan Perbandingan Mahzab.

Setelah menjadi UIN, kampus yang cukup ternama di wilayah Sumatera ini mempunyai Visi ingin menjadi kampus Enterpreneurship kelas dunia. “Menjadi kewajiban bagi kita semua untuk mendukung visi besar kampus ini agar bisa mewujudkan mimpi besar menuju kemandirian bangsa”.

 

Penulis: Novi, Alin
Editor: Indi




FAATUMBU DUHA, SE : TIGA PRINSIP JITU MENJADI WAKIl RAKYAT

  • Senin, 11/03/2019 15:16:22 WIB
  • Dibaca: 188

Sekitarjambi.co, Kota Jambi - Faatumbu Duha, SE, sebagai tokoh masyarakat (pengusaha) memberikan pandangan tiga prinsip ...