Pasar Rakyat Aurduri Jambi

Pasar Aurduri
Pasar Aurduri
Share

Sekitarjambi.co - kota jambi, Saat subuh menjelang, sekitar pukul 5 pagi semua pedagang mulai menjajakan dagangannya di lapak yang ada di pasar tradisional. Inilah waktunya mereka mencari peluang demi bertahan hidup. Meskipun kehadiran pasar modern yang berkembangan semakin pesat, tetapi pasar tradisional tetap bertahan hingga kini. Salah satunya Pasar Rakyat Aurduri.

Pasar ini merupakan salah satu pasar tradisional yang ada di Kota Jambi, yang terletak di dalam perumahan Aurduri Indah Blok D. Kelurahan Penyengat Rendah Kota Jambi.

Pada awalnya Pasar Rakyat Aurduri hanya berupa pasar yang diisi oleh pedagang dengan tempat berjualan yang tidak permanen. Sama seperti pasar pada umumnya, pasar tradisional Aurduri ini hanya sebatas pasar yang kotor, bau, penuh sampah, becek pada saat hujan, dan panas. Namun, dengan wujud kepedulian pemerintah kepada para pedagang, maka muncul lah gagasan dari Pemerintah Kota Jambi untuk mengembangkan pasar ini.

Pembangunan pasar ini dimulai pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2016 dengan disediakannya 126 lapak dan 24 kios. Namun dikarenakan banyak pedagang yang sebelumnya tidak mendapatkan tempat di lokasi bangunan pertama dan juga supaya tidak ada lagi pedagang yang berjualan di badan jalan dan di lapak yang lama. Atas kerjasama Kementrian Perdagangan RI dengan Pemerintah Kota maka pasar ini dikembangkan kembali dengan penambahan bangunan baru. Namun berbeda dengan bangunan sebelumnya, bangunan yang baru ini yang hanya berupa pelataran saja.

Pada saat tiba di pasar ini, kalian akan langsung disambut dengan deretan lapak yang menjual sarapan seperti nasi gemuk, lontong sayur, bubur ayam dan sebagainya. Memasuki bangunan pasar, kalian akan menemukan para penjual sayuran, dan jika kalian terus berjalan kedalam maka akan bertemu dengan penjual ikan, daging, dan lauk pauk lainnya. Sedangkan di kios-kios yang berjejer di samping pasar terdapat penjual pakaian, sepatu dan alat rumah tangga. Selain itu terdapat pula wahana permainan anak - anak di depan pasar di dekat area parkir.

Pasar yang merupakan jantungnya pasar di Penyengat Rendah ini, selalu ramai bahkan saat langit subuh masih terlihat. Namun, pasar rakyat aur duri ini masih memiliki beberapa kekurangan. Seperti area parkir yang belum beraturan karena masih banyak pembeli memarkirkan kendaraan di luar area parkir, dan tempat pembungan sampah yang terletak dibagian depan pasar yang dapat mengganggku kenyamanan pembeli karena penggelolaan sampah yang kurang baik.

Meskipun demikian, Pasar Rakyat Aurduri tetap menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan pokok di Kota Jambi.

Penulis: Reza
Editor: Indi




FAATUMBU DUHA, SE : TIGA PRINSIP JITU MENJADI WAKIl RAKYAT

  • Senin, 11/03/2019 15:16:22 WIB
  • Dibaca: 167

Sekitarjambi.co, Kota Jambi - Faatumbu Duha, SE, sebagai tokoh masyarakat (pengusaha) memberikan pandangan tiga prinsip ...