PPDB MTs Laboratorium UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

MTs Laboratorium  UIN Sulthan Thaha Saifuddin
MTs Laboratorium UIN Sulthan Thaha Saifuddin
Share

Sekitarjambi.co - kota jambi, Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah jenjang dasar pada pendidikan formal yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang pengelolaannya dilakukan oleh Departemen Agama. Pendidikan Madrasah Tsanawiyah ditempuh dalam waktu tiga tahun, mulai dari kelas tujuh sampai Sembilan. Kurikulum Madrasah Tsanawiyaah sama dengan kurikulum Sekolah Menengah Pertama, hanya saja pada MTs terdapat lebih banyak porsi mengenai agama Islam.

Siswa adalah salah satu komponen terpenting dalam penyelenggaraan proses pendidikan. Pencapaian prestasi belajar siswa menjadi ukuran keberhasilan tujuan pendidikan. Selain itu, pembentukan kepribadian siswa yang memiliki karakter juga turut menjadi sasaran sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, proses seleksi calon siswa dalam penerimaan siswa baru menjadi faktor penting dalam memberikan kemudahan pencapaian tunjuan pendidikan yang diinginkan sekolah.

Penerimaan peserta didik baru juga merupakan titik awal yang memastikan lancarnya tugas yang diemban suatu sekolah. Sama halnya dengan MTs Laboratorium - UIN STS Jambi yang berada di Jl. Arif Rahman Hakim No.111, Simpang IV Sipin, Telanaipura, Kota Jambi, yang berdiri sejak 2005 ini membuka jalur pendaftaran yang telah berlangsung yaitu seminggu sebelum puasa hingga 1 juli 2019. Untuk tes telah dilakukan pada selasa 2 juli 2019 kemarin. Untuk selanjutnya, jika kuota masih kurang mencukupi, maka akan dibuka gelombang kedua.

Dr. Mahmud My, M.Pd, kepala MTs Laboratorium mengatakan, dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, hanya menggunakan satu jalur dan peserta dapat mengambil formulir dengan datang langsung ke sekolah dan mengisi formulir yang telah disediakan. Untuk tahun ini ada sekitar 150 siswa yang mendaftar dan sebanyak 130 siswa yang mengikuti tes. Ada dua tahap yang harus ditempuh siswa dalam melaksanakan tes tersebut, yaitu dalam bentuk tertulis (pengetahuan umum) dan lisan (pengetahuan agama).

Dalam penerimaan peserta didik baru juga ada yang berasal dari luar daerah, seperti Lampung dan kota-kota lainnya yang tertarik bersekolah di MTs Laboratorium Jambi. Pada tahun ini, terjadi peningkatan jumlah peserta didik baru dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu hanya ada 90 peserta didik yang mengikuti tes, tahun ini lebih dari 130 peserta didik yang mengikuti tes dan masih bisa bertambah jika gelombang dua dibuka.

Seperti visi MTs Laboratorium, yaitu mencetak peserta didik yang terampil dan cerdas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dan mencetak peserta didik yang memiliki iman dan taqwa. Diharapkaan dengan memilih Madrasyah sebagai kelanjutan dari pendidikan siswa. Tidak hanya membentuk pengetahuan, namun juga membentuk karakter sekaligus tidak hanya mantap dalam iptek saja, tetapi juga imtaq sebagai manusia yang bermanfaat.

Penulis: Novi
Editor: Indi




Komisi IV DPRD Kota Jambi Bahas Sejumlah Perda

  • Senin, 21/10/2019 14:53:58 WIB
  • Dibaca: 96

Menjelang 100 hari kerja masa jabatan DPRD Kota Jambi periode 2019-2024. Saat ini Komisi IV DPRD Kota Jambi tengah memba...