PPDB Madrasah Tsanawiyah An-Nhizam Tidak Terpengaruh dengan Adanya Sistem Zonasi

Madrasah Tsanawiyah An-Nhizam
Madrasah Tsanawiyah An-Nhizam
Share

Sekitarjambi.co - kota jambi, Penyelenggaraan pendidikan diawali dengan kegiatan penerimaan peserta didik baru (PPDB). PPDB merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh satuan lembaga pendidikan.

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan atau kemendikbud mengeluarkan sejumlah aturan baru dalam penerimaan peserta didik baru 2019. Aturan baru PPDB 2019 tersebut dituang dalam peraturan mendikbud No.51 Tahun 2018 tentang PPDB. Dimana sistem zonasi yang sudah diterapkan sejak 2018 akan semakin ketat.

Sistem zonasi sendiri sebenarnya mempermudah pemerintah pusat dan daerah untuk memetakan dan memberikan intervensi  pendidikan, baik terkait fasilitas sekolah, metode pembelajaran, maupun kualitas dan distribusi guru, sehingga dapat mempercepat pemerataan mutu pendidikan di seluruh daerah.

Kepala sekolah Mts An-Nhizam (Rahmi) mengatakan "Walaupun sekarang sudah menggunakan sistem zonasi, tetapi hal ini tidak mempengaruhi PPDB di Mts An-Nhizam". Tuturnya.

PPDB Mts An - Nhizam dibuka sejak bulan April kemaren sedangkan baru mulai ramai orang mendaftar pada bulan Mei dan sampai sekarang, untuk penutupan pendaftrannya dilakukan pada tanggal 6 Juli 2019 di karenakan tanggal 9 - 10 Juli akan dilaksanakan tes tertulis dan praktek. Namun tidak menutup kemungkinan akan di buka kembali pendaftaran gelombang kedua jika ada lagi yang akan mendaftar.

Penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020 di Madrasah Tsanawiyah An-Nhizam akan mengikuti 2 tahapan tes. tes tertulis dan tes praktek yang mana tes tertulis berhubungan dengan pelajaran agama maupun umum, sedangkan untuk tes praktek yaitu tata cara berwudhu, bacaan sholat,  dan membaca Al-Qur’an. sejauh mana kemampuan yang di dapati waktu masih SD. Jika kemampuan mereka masih dibawah rata - rata tidak akan diluluskan

Pendaftar Mts An-Nhizam pun dari tahun ke tahun stabil, terlihat pada tahun lalu ada sekitar 50 orang pendaftar. Dan diperkirakan tahun ini akan tetap stabil yang mana Mts An-Nhizam membuka kuota untuk dua rombongan belajar masing-masing rombongan belajar terdiri dari 25 siswa. 

Meskipun tidak memakai sistem zonasi, tetapi Mts AN-Nhizam tetap mempertimbangkan SD ataupun MI yang dekat dengan kawasan sekolah. Selain itu, ada juga bonus yang diberikan kepada siswa yang hapal beberapa jus, yang memberikan nilai plus kepada pendaftar.

Penulis: Alin
Editor: Indi




FAATUMBU DUHA, SE : TIGA PRINSIP JITU MENJADI WAKIl RAKYAT

  • Senin, 11/03/2019 15:16:22 WIB
  • Dibaca: 188

Sekitarjambi.co, Kota Jambi - Faatumbu Duha, SE, sebagai tokoh masyarakat (pengusaha) memberikan pandangan tiga prinsip ...