PRODI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS JAMBI GOES TO INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) KEC. PELAYANGAN KOTA JAMBI

Illustrasi
Share

Jektv-Kota - Jambi, Dalam Era Revolusi Digital, Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) khususnya kepada para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kec. Pelayangan Kota Jambi.Kegiatan ini bertujuan  untuk membantu para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kec. Pelayangan Kota Jambi dalam melakukan perluasan pemasaran produk berbasis E-Commerce.

E-Commerce merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Kemudahan proses transaksi dan dukungan teknologi membuat perdagangan menggunakan media e-commercemenjadi berkembang pesat.Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi meluncurkan aplikasi berbasis website yang bernama Sekoja.id. Sekoja adalah singkatan nama dari Seberang Kota Jambi.

Tujuan dibuatnya aplikasi berbasis website ini adalah agar dapat mempermudah para pelaku IKM Kec. Pelayangan Kota Jambi dalam melakukan pemasaran produknya, dengan cara mengunggahinformasi jenis produk mereka ke dalam website tersebut. Diharapkan dengan adanya Sekoja.id produk – produk mereka bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat memperluas pangsa pasar dan menjadi daya tarik pembeli khususnya bagi konsumen yang hobi berbelanja online.

Kegiatan Sosialisasi dihadiri oleh berbagai pelaku IKM Kec. Pelayangan, Forum Komunikasi Mahasiswa Jambi Kota Seberang, Ibu Hj. Nuriyah Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (PMK) selaku perwakilan dariKantor Kec. Pelayangan yang sekaligus mewakili Camat Kec. Pelayangan Kota Jambi dan beberapa orang Dosen serta Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi. Pengarahan dilakukan kepada para pelaku IKM agar dapat menggunakan E-Commerce dalam memasarkan produk – produk mereka.Terlihat antusiasmepara peserta IKM dalam mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Pemberian materi di sampaikan oleh Bpk. Tri Suratno, S.Kom., M.Kom selaku Ketua Tim PPM mengenai konsep e-commerce. Selanjutnyapenggunaan media sosial oleh Bpk. Pradita Eko Prasetyo Utomo, S.Pd., M.Cs, dan cara penggunaan serta akses Sekoja.id oleh Ibu Reni aryani, S.Kom., M.S.I selaku narasumber.

 

Pemberian Materi Konsep E-Commerce oleh Bpk Tri Suratno, S.Kom., M.Kom

Pemberian Materi Sekoja.id oleh Ibu Reni Aryani, S.Kom.,M.SI

Adapun Produk yang dijual di IKM Kec. Pelayangan Kota Jambi adalah oleh – oleh khas Jambi Kota Seberang seperti batik, kerupuk dan berbagai makanan lainnya.Agar website tersebut lebih dikenal diharapkan bantuan pemerintah kota untuk mempromosikan aplikasi website Sekoja.iduntuk dapat mendorong sektor penjualan pada IKM Kec. Pelayangan Kota Jambi. Selanjutnya para pelaku IKM Kec. Pelayangan akan dibina secara periodik dan dibantu oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Jambi Kota Seberang dalam melakukan pengelolaan website Sekoja.id.

 

Foto Bersama di akhir kegiatan PPM Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: admin
Editor: Fatimah




FAATUMBU DUHA, SE : TIGA PRINSIP JITU MENJADI WAKIl RAKYAT

  • Senin, 11/03/2019 15:16:22 WIB
  • Dibaca: 188

Sekitarjambi.co, Kota Jambi - Faatumbu Duha, SE, sebagai tokoh masyarakat (pengusaha) memberikan pandangan tiga prinsip ...