PAMERAN KAIN TRADISIONAL NUSANTARA MERAJUT KEBHINEKAAN DAN PEMERSATU BANGSA

Illustrasi
Share

Kota Jambi- Pameran Nasional yang diselenggarakan di Museum Siginjai Kota Jambi. Memamerkan Kain Tradisional Nusantara. Pameran Nasional dibuka pada hari rabu 18/09/2019 kemarin. Selain mengadakan Pameran kain batik Nasional,juga diadakan perlombaan tingkat TK,SD,SLTP dan SLTA, dan semua perlombaan diadakan di Museum Siginjai.

Pameran Nasional digelar dalam rangka Pameran Kain Nusantara se-Indonesia,yang diikuti oleh museum se-Indonesia dan bertujuan sebagai penunjang untuk kegiatan pameran. Kegiatan ini mengadakan beberapa lomba , yang pertama lomba Desain Batik yang diadakan pada tanggal 18 September 2019, kemudian akan dilanjutkan dengan lomba desain batik tingkat SLTP se-Kota Jambi. Kedua adalah lomba membatik tingkat SLTA se-Kota Jambi.

Nur (Koordinator lomba) Lomba membatik sudah pernah diadakan beberapa tahun lalu dan juga untuk desain sudah pernah diadakan sekarang hanya mengulang lagi mengadakan itu supaya sesuai dengan tema pameran kita. Pameran Nusantara dengan bermotifkan kain batik. Semua bentuk lomba dilaksanakan di Museum Siginjai. Kita mengkategorikan lomba itu dari taman kanak-kanak sampai ke tingkat SLTA, untuk taman kanak-kanak kita melakukan lomba mewarnai dengan tema Museum Dihatiku dan untuk SD melukis gerabah atau keramik yang dilaksanakan pada tanggal 20 September 2019, untuk tingkat SLTP hari ini yaitu lomba desain batik, dan  SLTA ada lomba membatik, ada lomba fashion show pada tanggal 21 September 2019 dan hari esok ada lomba lagu daerah Jambi. Lomba dilaksanakan mulai dari tanggal 18-21 September 2019. Untuk lomba membatik kita menyerahkan kepada peserta untuk membuatkan batik sendiri, jadi panitia tidak menentukan yang penting motifnya adalah motif Jambi.

Untuk kedepannya, supaya para siswa khususnya generasi mudah lebih mengenal motif batik yang miliki, karena banyak sekali motif batik yang kita miliki untuk menggugah generasi muda atau para siswa untuk mengenal lebih jauh batik-batik yang dimiliki. Saya mengajak kepada para pengajar khususnya generasi muda mari kita mengenal budaya kearifan lokal salah satunya adalah batik. Karena batik adalah salah satu budaya kearifan lokal yang kita miliki yang harus kita kenal, yang harus kita galih, dan harus kita pelajari untuk kepentingan di masa yang akan datang. Jambi itu kaya dengan motif-motif batiknya. Jadi saya mengajak kepada generasi muda ayok kita mengenal batik kita yang mana sekarang batik juga sudah digunakan berbagai fashion untuk anak muda , berbagai kreasi yang digunakan selain fashion juga bisa menjadikan batik itu sebagai ajang untuk dibudayakan. Ujarnya.

Penulis: Miftah
Editor: Fatimah




RAPAT PARIPURNA DPRD KOTA JAMBI DALAM PENGAMBILAN SUMPAH DAN PERESMIAN KETUA DPRD MASA JABATAN 2019-2024

  • Jumat, 04/10/2019 13:50:06 WIB
  • Dibaca: 58

KOTA JAMBI-Rapat paripurna DPRD KOTA JAMBI dalam rangka pengambilan sumpah dan peresmian ketua DPRD KOTA JAMBI masa jaba...