Asyiknya Tradisi “Ngadang” Durian

Illustrasi
Share

Muaro Jambi - Durian Merupakan Salah Satu Buah Yang Khas Di Indonesia. Ada Banyak Daerah  Penghasil Buah Berkulit Keras Nan Berduri Ini, Salah Satunya Di Kabupaten Muaro Jambi. Bila Bicara Soal Durian, Maka Banyak Hal Yang Layak Dibicarakan Seperti Cara Memetiknya Dan Hal Lainnya. Di Desa Suka Maju, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi Contohnya, Memliki Tradisi Yang Unik Yakni “Ngadang Durian”.

Tradisi “Ngadang Durian” Atau Mencari Durian Pada Malam Hari Di Kabupaten Muaro Jambi, Hingga Kini Masih Terus Bertahan.  Mencari Durian Di Daerah Ini Pada Musimnya Sudah Menjadi Tradisi Yang Turun Temurun, Tradisi Ini Masih Langgeng Dilakoni. Di Daerah Ini, Biasanya Pada Malam Hari Para Warga Setempat Mencari Durian Yang Ada Di Daerahnya Hingga Waktu Subuh Tiba. Dengan Berbekal Lampu Senter Seadanya, Dan Beberapa Lapis Kayu Bakar Untuk Membuat Api Unggun, Warga Setempat Rela Bergadang Menunggu Durian Tersebut Jatuh.

Salah Seorang Warga Setempat Yang Juga Pemilik Kebun Durian, Nyai Mengatakan, Ngadang Durian Ini Biasanya Ramai Dikunjungi Di Musim Libur. Banyak Pengunjung Yang Berasal  Dari Berbagai Daerah Bertandang Ke Suka Maju Demi Mengisi Jatah Libur Sekolah.”Iyo la rame yang ngunjungi ke sini, banyak dari luar daerah.”Ungkapnya.

Dalam Semalam, Ngadang Durian Ini Bisa Menghasilkan 20 Hingga 25 Durian. Durian Tersebut Bisa Dinikmati Langsung Bersama Hangatnya Kopi Ataupun Teh Hangat, Untuk Menemani Teman Begadang.(Nof/jektv.co.id)





KPU BATANGHARI RESMI UMUMKAN TIGA PASLON BERDASARKAN NOMOR URUT

  • Jumat, 25/09/2020 15:35:41 WIB
  • Dibaca: 1043

Batanghari- Pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Batanghari sukses digel...