Mengenal Teknik Potong Gigi yang Dilakukan Elly Sugigi

Elly Sugigi
Elly Sugigi
Share

Selebriti sekaligus Komedian Elly Sugigi kini tampil pangling. Elly yang sebelumnya memiliki struktur gigi tidak rata dan maju, kini giginya tampil lebih rapi. Itu karena, kekasih Aditya Gumelar itu memotong giginya di sebuah klinik kecantikan yang meng-endorsenya secara gratis. Nah, seperti apa sih yang dimaksud teknik potong gigi?

Dokter Gigi Penanggung Jawab The Clinic Beautylosophy, drg. Rahajeng Widyaswari menjelaskan seperti namanya potong gigi yaitu suatu tindakan ‘memotong’ gigi yang dirasa pasien ukurannya terlalu panjang atau tidak rata. Teknik ini bisa dilakukan dengan ‘kikir’ gigi (slicing strip) atau dengan bur high speed.

“Tergantung seberapa panjang atau banyak gigi yang ingin dikurangi,” kata drg Rahajeng kepada JawaPos.com, Jumat (20/12).

Menurutnya, gigi yang bisa dilakukan teknik potong gigi di antaranya adalah untuk gigi yang tidak sama panjang dengan gigi sebelahnya. Sehingga bisa diasah sedikit agar lebih rata. Lalu untuk bentuk gigi yang dirasa kurang proposional, bisa dibentuk menjadi lebih baik dengan diasah.

“Semua bisa dilakukan asal tidak terlalu banyak bagian yang diasah. Maksimal 0,5 mm,” ujarnya.

Adakah Risiko atau Efek Sampingnya?

Menurut drg Rahajeng, risikonya jika bagian yang dipotong atau diasah terlalu banyak yakni dari luar ke dalam maka struktur gigi itu akan terganggu. Struktur gigi terdiri dari email, dentin, kemudian ruang pulpa yang berisi saraf gigi.

“Apabila terlalu banyak diasah maka gigi akan terasa ngilu karena semakin dekat dengan saraf gigi,”

Jika memang dirasa banyak yang harus diasah untuk merapikan gigi, lanjutnya, lebih baik disarankan untuk merapikan dengan tambal estetik atau veneer gigi. Atau jika terlalu ekstrem lebih baik dirapikan menggunakan braces (kawat gigi).

Peringatan :

Harap dilakukan dengan dokter gigi yang sudah berpengalaman. Sehingga tidak salah perawatan dan tidak asal potong gigi tanpa tahu batasan yang aman.

Sumber: jawapos.com




Lembaga Penyiaran dan Media Mulai Diawasi

  • Kamis, 13/08/2020 07:47:33 WIB
  • Dibaca: 127

JAKARTA – Euforia Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 mulai terasa. Lembaga penyelenggara pemilu ...