Dirawat di RSPAD, Setnov Dititipkan ke Lapas Cipinang

Terpidana kasus korupsi Setya Novanto dirawat di RSPAD Gatot Soebroto dan sementara dititipkan di Lapas Cipinang
Terpidana kasus korupsi Setya Novanto dirawat di RSPAD Gatot Soebroto dan sementara dititipkan di Lapas Cipinang
Share

Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto sudah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebrtono, Jakarta. Kini, mantan Ketua DPR dititipkann ke Lapas Cipinang, Jakarta.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas), Sukamiskin, Abdul Karim mengatakan saat ini Setya Novanto dititipkan ke Lapas Cipinang. Karena Setnov sedang menjalani perawatan di RSPAD.

“Setiap warga binaan yang melewati antar provinsi, prosedurnya dititip di lapas setempat. Karena rujukan berobatnya ke RSPAD Jakarta, maka yang bersangkutan di titip di Lapas Kelas 1 Cipinang,” kata Abdul saat dihubungi, Jumat (27/12).

Abdul berujar, Setya Novanto saat di Lapas Sukamiskin sering mengeluhkan sakit di bagian kepala. Sehingga Lapas Sukamisking mengizinkannya menjalani pengobatan di RSPAD. “Pusing dan ada bintik-bintik merah di kulit,” katanya.

Namun demikian Abdul mengungkapkan tidak tahu sampai kapan mantan Ketua DPR itu berada di RSPAD. Pasalnya yang bisa mengetahui hanyalah dokter di rumah sakit tersebut. “Itu, tergantung dokter RSPAD dan pengawasannya dari Lapas Cipinang,” ungkapnya.

Sebelumnya, ‎pada Kamis (27/12) Kepala Kanwil Kementerian Hukum Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat Liberti Sitinjak dan Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala melakukan sidak ke RSPAD.

Sitinjak mengatakan, dirinya menadapatkan laporan bahwa terpidana kasus e-KTP Setya Novanto sedang berada di RSPAD. Dia pun membenarkan Setya Novanto sedang mendapatkan perawatan. “Yang jelas saya dengan Profesor Meliala sudah menyaksikan langsung Setnov itu sedang dirawat di radiologi,” ujar Sitinjak di RSPAD, Jakarta, Kamis (26/12).

Sitinjak mengatakan, saat ia kunjungi Setya Novanto sedang ingin pemeriksaan radiologi. Mantan Ketua DPR itu juga dalam kondisi sadar dan sudah bisa berkomunikasi. “Kayaknya tadi saya bicara artinya sadar. Saya enggak tanya. Karena saya pegang tangannya juga demam, panas,” katanya.

Sitinjak mengakui tidak banyak berkomunikasi kasu dengan politikus Partai Golkar tersebut. Yang jelas Setya Novanto ingin mendapatkan perawatan di ruang radiologi dengan menggunakan kursi roda.(Gunawan Wibisono)

Sumber: jawapos.com




Pilkada Ditunda, DKPP Awasi Anggaran

  • Kamis, 02/04/2020 08:50:56 WIB
  • Dibaca: 1863

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menunjuk Didik Supriyanto menjadi Anggota DKPP melalui Keputusan Preside...