Terungkap Alasan WNI Buru-Buru Dipulangkan dari Wuhan

Tenaga medis di rumah sakit di Wuhan, China yang memakai perlengkapan khusus saat melayani pasien virus corona. Foto: AFP
Tenaga medis di rumah sakit di Wuhan, China yang memakai perlengkapan khusus saat melayani pasien virus corona. Foto: AFP
Share

JAKARTA - Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengungkap alasan WNI yang berada di Wuhan, Tiongkok dipulangkan dan dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau.

Alasan itu didapat dari penjelasan dari Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto beberapa waktu lalu.

Menurut Hamid, Mahfud dan Terawan menyampaikan akan adanya kebijakan dari WHO untuk menutup total akses keluar dan masuk Wuhan, daerah asal penyebaran virus Corona yang meresahkan dunia.

"Ini dalam situasi yang sangat medesak karena WHO itu akan segera menutup, tidak boleh lagi ada warga yang bisa keluar dari Wuhan itu," kata Hamid di Kompleks Parlemen.

Meski demikian Hamid tidak memungkiri warganya merasa was-was dan takut terinfeksi virus corona.

Terlebih lagi pemerintah pusat terlambat dalam menyampaikan informasi rencana karantina itu.

Hamid mengaku telah menyampaikan aspirasi warga Natuna agar ratusan WNI dikarantina di kapal perang dan berada di laut. Namun Menkes Terawan menyampaikan di seluruh dunia tidak dibolehkan mengisolasi warga di atas kapal, tetapi harus di darat.

"Makanya jalan lintas diambil di hanggar yang baru dibangun, disulap menjadi tempat isolasi. Dan sampai saat ini balum laporan warga kami yang kena batuk, sesak napas, atau pilek," katanya.

Saat ini, kata Hamid, masyarakat sudah mulai paham apa yang dilakukan pemerintah terhadap WNI yang dipulangkan dari Wuhan, di Natuna. Menko Mahfud maupun Menkes Terawan menurutnya juga akan segera ke Natuna.

"Jadi sekarang kami akan meluruskan informasi itu kepada masyarakat supaya masyarakat lebih tenang dan tidak bias lagi," ujarnya. (fat/jpnn)

Sumber: www.jpnn.com




Pilkada Ditunda, DKPP Awasi Anggaran

  • Kamis, 02/04/2020 08:50:56 WIB
  • Dibaca: 2070

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menunjuk Didik Supriyanto menjadi Anggota DKPP melalui Keputusan Preside...