Mantap!! SMKN 6 Kota Jambi Punya Guru Ahli Virtual Reality (VR)

Guru SMK Negeri 6 Kota Jambi yang mempunyai guru ahli Virtual Reality (VR).
Guru SMK Negeri 6 Kota Jambi yang mempunyai guru ahli Virtual Reality (VR).
Share

Kota Jambi - Virtual Reality (VR) menjadi teknologi yang sedang ramai diperbincangkan. VR biasanya digunakan untuk bermain game atau sensasi menonton video menggunakan perangkat tambahan khusus.

Tak hanya berfungsi untuk hiburan saja, VR rupanya bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih serius, misalnya bidang medis sampai sarana belajar mengajar. Hanya saja, di Indonesia belum banyak guru yang melibatkan teknologi semacam VR untuk memperkaya wawasan muridnya.

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, belajar dengan menggunakan VR dapat meningkatkan konsentrasi siswa hingga enam kali lipat. Sementara menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Warwick di Inggris, penggunaan teknologi VR dalam kelas mampu meningkatkan ingatan siswa hingga lebih dari 30 persen.

Penggunaan teknologi VR di Indonesia ini menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah-sekolah di negara berkembang, khususnya Indonesia. Tantangan paling utama adalah masalah konten pengajaran dan kesiapan guru.

Sampai saat ini, belum banyak konten bahan ajar berbasis VR karena mayoritas guru belum mempunyai skill coding serta perangkat keras yang memadai untuk membuatnya. Menjawab tantangan ini, sekelompok anak muda yang berasal dari perusahaan pengembang konten Virtual Reality SHINTA VR, menciptakan sebuah solusi platform perangkat lunak berbasis cloud-computing bernama Millealab.

Solusi tersebut dapat membantu guru membuat konten bahan ajar VR mereka sendiri tanpa harus coding dan memakai komputer yang canggih.

Sampai saat ini, Millealab telah diakses oleh lebih dari 350 sekolah dan melatih lebih dari 1.200 guru di Indonesia, Salah satu nya yakni Guru di SMK Negeri 6 Kota Jambi yang mempunyai guru ahli Virtual Reality (VR).

Di harapkan guru yang memiliki ahli VR dapat menjadi pionir bagi perkembangan pendidikan Indonesia.

Penulis: M. Ilham Septiawan
Editor: Ra




Jelang Pilkada, KPU Kabupaten Batangari Lakukan Sosialisasi Bersama Pers Batanghari

  • Jumat, 03/07/2020 13:29:45 WIB
  • Dibaca: 1017

BATANGHARI - Mendekati pelaksanaan pilkada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari giat lakukan sosialisasi peru...