Puluhan Pohon Duku Di Desa Puding Mendadak Mengering & Mati

Puluhan Pohon Duku Mati
Puluhan Pohon Duku Mati
Share

Muaro Jambi - Kondisi pohon duku milik warga desa Puding Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi, yang mendadak mengering dan akhirnya mati. Telihat buah duku yang sudah berbuah layu dan menjadi hitam kering, kemudian pada bagian kulit pohon mudah rapuh dan membusuk. Pohon duku dengan keadaan yang mengering seperti itu, telah mencapai puluhan.

Warga sendiri tak mengetahui pasti penyebab pohon duku mereka mati, bahkan warga telah berupaya melakukan berbagai cara untuk mengatasi hal itu mulai dari membersihkan sampah di sekitar pohon hingga membersihkan batang pohon duku yang sakit.

Sulaiman warga RT 02 Dusun l menceritakan awalnya pucuk pohon duku mengering dengan di tandai perubahan warna daun yang menjadi kuning, kemudian daun layu dan gugur, sedangkan batang dan dahan juga mengering, lama kelamaan pohon mati dan tumbang. Penyakit pohon duku ini dengan cepat menular ke pohon lainnya, Sulaiman sendiri saat ini sudah kehilangan 6 pohon duku miliknya.

“Tau-tau batang dari pohon duku tersebut dahannya mulai kuning habis itu rontok lalu mati, terus batangnya ngelupas.” Kata Sulaiman Warga desa Puding.

Penulis: SJP
Editor: Ra




Cerah, Harapan Ratu Munawaroh Untuk Generasi Milenial

  • Rabu, 07/10/2020 17:04:05 WIB
  • Dibaca: 2348

JAMBI - Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak bulan februari lalu tidak hanya dirasakan di Jambi, tapi juga di In...