Ombak Laut Tinggi, Nelayan Pilih Buat Jaring

Nelayan memilih memperbaiki dan membuat jaring
Nelayan memilih memperbaiki dan membuat jaring
Share

Tanjab Barat – Cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang tinggi masih menghantui perairan pantai Tanjung Jabung Barat. Hal ini membuat hampir semua nelayan tidak berani melaut.

Untuk mengisi waktu luang para nelayan di tepi parit 7 memilih memperbaiki dan membuat jaring, meski tidak sedikit nelayan di Kampung Nelayan, nekat melaut guna mencari ikan disaat cuaca sedang ekstrim. Semua itu dilakukan para nelayan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari meskipun hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Salah seorang nelayan Mahdan mengakui, jika sebagian ombak laut tinggi mereka lebih memilih untuk membuat dan memperbaiki jaring. Sebab apabila membeli jaring yang telah jadi, ditakutkan kualitas dan ketahanan jaring tidak bisa dijamin.

Selain itu, apabila membeli jaring para nelayan harus mengeluarkan uang hingga 5 Juta Rupiah. Diakui Mahdan dalam 1 hari bisa merajut sebanyak 3 jaring khusus ikan laut. Modal yang dibutuhkan untuk membuat jaring yakni berkisar 2 juta rupiah dengan panjang jaring sekitar 30 meter.

“ Kalau sekarang sudah musim ombak jadi kalau tidak melaut hanya memperbaiki jaring. Terus sehabis melaut, ya seperti ini juga memperbaiki jaring. “ Ungkap Mahdan Nelayan Tanjab Barat.

Hal senada juga dikatakan Ali, dikala ombak tinggi lebih baik membuat jaring, sebab jaring yang dibuat sendiri kualitas dan ketahanan jaring bisa mencapai 5 tahun.

Penulis: Syk
Editor: Ra




Pilkada Ditunda, DKPP Awasi Anggaran

  • Kamis, 02/04/2020 08:50:56 WIB
  • Dibaca: 2056

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menunjuk Didik Supriyanto menjadi Anggota DKPP melalui Keputusan Preside...