Bedaro, Buah Lokal Musiman Yang Digemari Masyarakat Muaro Jambi

Buah Bedaro atau Mata Kucing berbentuk bulat berukuran dan menyerupai kelengkeng pada umumnya
Buah Bedaro atau Mata Kucing berbentuk bulat berukuran dan menyerupai kelengkeng pada umumnya
Share

Muaro Jambi - Buah Bedaro atau Mata Kucing berbentuk bulat berukuran dan menyerupai kelengkeng pada umumnya, kulit buah Bedaro yang berwarna coklat muda hingga kehitaman ini memiliki permukaan yang berbintil dan kasar. Namun Bedaro memiliki perbedaan dengan kelengkeng, dimana daging buah Bedaro berwarna putih bening dan berair, rasanya sangat manis dan memiliki aroma harum yang khas, dengan biji yang berbentuk bulat berwarna hitam.

Elita yang merupakan salah seorang penjual buah Bedaro menuturkan, peminat buah Bedaro di Kabupaten Muaro Jambi sangat banyak, dalam sehari dirinya mampu menjual hingga 40 kilo gram (Kg). Sebagai buah musiman, Bedaro dijual di pinggiran jalan Lintas Timur Sengeti. Dituturkan Elita, Bedaro yang ia jual merupakan Bedaro dusun memiliki khas daging tebal dan rasa yang manis.

“Ini Bedaro Dusun. Kalau Bedaro dusun isinya tebal, kalau buah Bedaro Hutan isinya tipis. Saya jual 25.000 Rupiah 1 Kg, alhamdulillah lancar, sehari habis 40 kilo gram (Kg).” Kata Elita Penjual buah Bedaro.

Diketahui bahwa tanaman Bedaro mudah beradaptasi diberbagai karakteristik lingkungan, mulai dari kering hinggah basah. Namun tempat yang paling baik untuk tanaman Bedaro tumbuh yakni, dilokasi yang panas kaya akan sinar matahari dan cukup kering.

Penulis: Nps
Editor: Ra




Ustaz Abdul Somad Diusulkan Pimpin Partai Masyumi, Musni Umar: Harus Ada Tokoh Sentral

  • Senin, 09/11/2020 08:53:44 WIB
  • Dibaca: 2640

JAKARTA– Partai Masyumi kembali aktif setelah deklarasi resmi pada Sabtu (7/11/2020). Acara deklarasi partai ...