Kepala WHO Desak Publik untuk Tidak Timbun Masker

Ketua Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus
Ketua Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus
Share

Ketua Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak masyarakat di seluruh dunia, Selasa (3/3) supaya jangan menimbun masker dan peralatan pelindung lainnya, karena perlengkapan itu dibutuhkan bagi para petugas kesehatan, yang menangani virus korona.

“Kami prihatin karena kemampuan banyak negara untuk mengahadapi virus korona terhambat oleh bertambahnya gangguan terhadap pasokan yang disebabkan peningkatan permintaan, penimbunan, dan penyalahgunaan alat pelindung diri secara global.” Kata Tedros dalam penjelasan harian tentang virus korona.

Sehari setelah menyatakan dunia tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya dan adanya percepatan penyebaran virus di Korea Selatan, Italia, Iran dan Jepang menjadi ancaman terbesar dunia, Tedros mengatakan, “Kelangkaan yang terjadi menyebabkan para dokter, perawat dan petugas medis di garis depan tidak memiliki perlengkapan dan perlindungan yang memadai untuk merawat para pasien COVID-19.”

Tedros menjelaskan virus korona dan flu musiman biasa menyebabkan gangguan pernapasan dan menyebar dengan cara yang sama, akan tetapi virus korona tidak menyebar secara efisien.

Tedros juga menambahkan COVID-19 menyebabkan penyakit yang lebih parah dibanding flu musiman, tapi kemungkinan masih bisa dibendung beda dengan flu musiman.

Dengan terus menyebarnya virus secara global, di China ada optimisme yang berkembang, karena jumlah infeksi baru menurun ke tingkat terendah dalam beberapa minggu, dan ribuan pasien yang pulih mulai dikeluarkan dari rumah sakit. [mg/ii]

 
Editor: Ra
Sumber: www.voaindonesia.com




Pilkada Ditunda, DKPP Awasi Anggaran

  • Kamis, 02/04/2020 08:50:56 WIB
  • Dibaca: 2070

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menunjuk Didik Supriyanto menjadi Anggota DKPP melalui Keputusan Preside...