Jangan Sepelekan, Ini Dia 7 Rahasia Khasiat Kulit Pisang

Illustrasi
Share

JAKARTA – Siapa yang tak kenal dengan buah pisang? Ya, selain rasanya yang manis, buah pisang juga memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan. Tak hanya pada buahnya saja, namun kulit pisang pun demikian.

Buah dengan kulit berwarna kuning ini banyak disukai oleh berbagai kalangan. Bukan hanya kandungan yang baik di dalamnya, pisang pun aman dikonsumsi oleh bayi.

Dikutip Fajar Indonesia Netrwork dari Halodoc, pisang mengandung vitamin A, C dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain pada buahnya, kulit pisang pun mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin bila digunakan secara rutin setiap hari. Apa saja?

1. Menghilangkan jerawat

Kandungan vitamin B, C, B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalium dalam kulit pisang efektif dalam menghilangkan jerawat.

Tidak hanya itu, kulit pisang juga mengandung antioksidan dan antijamur yang dapat menghilangkan minyak berlebih, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat.

2. Memutihkan gigi

Kandungan mangan, magnesium, dan potasium dalam kulit pisang efektif dalam membantu memutihkan lapisan email pada gigi.

Dalam hal ini, kita dapat menggosok-gosokkan kulit pisang dengan gerakan melingkar pada gigi, kemudian bersihkan dengan menggosok gigi. Untuk hasil yang maksimal, disarankan melakukannya secara rutin.

3. Memutihkan wajah

Dalam membantu memutihkan wajah secara alami, kamu dapat menggosok-gosokkan kulit pisang pada seluruh permukaan wajah.

Gunakan masker semalaman, kemudian bilas hingga bersih pada pagi hari.

4. Mengobati luka

Kulit pisang mengandung antioksidan yang baik dalam membantu proses penyembuhan luka.

Kita dapat menggosok-gosokkan kulit pisang pada bagian yang mengalami luka, diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

5. Mencegah memar kulit

Kandungan mineral dan antioksidan alami pada kulit pisang dapat membantu proses regenerasi kulit dan mengobati memar pada bagian luar kulit.

Dengan menempelkan kulit pisang pada area yang mengalami memar, diamkan semalaman. Kemudian bilas dengan air bersih pada pagi hari.

6. Mengatasi migrain dan sakit kepala

Kedua penyakit tersebut kerap datang secara tiba-tiba. Apalagi jika kita sedang dilanda stres berat.

Jika hal ini terjadi, kita dapat mengatasinya dengan menumbuk kulit pisang lalu tempelkan pada dahi.

7. Sebagai antidepresi

Kulit pisang mampu meredakan emosi dengan meminumnya. Kita dapat membuat minuman dari kulit pisang dengan cara di jus.

Kulit pisang mengandung triptofan yang mampu memperbaiki suasana hati dengan meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. (heq/fin)

Editor: Ra
Sumber: www.fin.co.id




Cerah, Harapan Ratu Munawaroh Untuk Generasi Milenial

  • Rabu, 07/10/2020 17:04:05 WIB
  • Dibaca: 2399

JAMBI - Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak bulan februari lalu tidak hanya dirasakan di Jambi, tapi juga di In...