5 Pedoman Baru Lindungi Diri dari Covid-19 Saat Belanja di Supermarket

Ilustrasi seseorang berbelanja di supermarket dengan pedoman ketat guna mencegah penularan Covid-19. (Getty Images/Mirror)
Ilustrasi seseorang berbelanja di supermarket dengan pedoman ketat guna mencegah penularan Covid-19. (Getty Images/Mirror)
Share

jektv.co.id - 

Meski kebijakan physical distancing tetap dilakukan selama pandemi virus Korona, tetap saja setiap orang harus berbelanja kebutuhan pokok. Supermarket adalah salah satu layanan publik ritel yang tetap buka selama pandemi. Tapi, selain tetap menjaga jarak, ada hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum keluar rumah dan berbelanja.

Pedoman baru ini memberi tahu apa yang harus dilakukan pembeli sebelum, selama dan setelah perjalanan mereka ke supermarket untuk meminimalkan risiko tertular Covid-19. Dilansir dari Mirror, Minggu (719/4), ada beberapa cara yang harus dilakukan saat memutuskan akan berbelanja ke supermarket. Seperti pedoman yang diterbitkan oleh Institut Kesehatan Lingkungan Chartered (CIEH) dan Asosiasi Kesehatan Lingkungan Irlandia (EHAI), serta Jaringan Kesehatan Global Irlandia (IGHN).

1. Hati-Hati Saat Menyentuh Barang

Dilarang menyentuh troli, barang, dan berdiri terlalu dekat dengan pembeli lain. Sebab jika tidak, bisa mengakibatkan potemsi penularan virus.

2. Pakai Hand Sanitizer dan Masker

Jangan lupa menggunakan hand sanitiser tangan dan menjaga jarak sosial. Itu menjadi kunci perlindungan yang aman. Serta jangan lupa memakai masker saat keluar rumah.

3. Harus Benar-Benar Penting

Penting untuk mempersiapkan langkah-langkah yang harus Anda ambil sebelum berbelanja, selama perjalanan dan sesudahnya. Sejauh ini belum ada kasus Covid-19 yang dilaporkan terkait dengan makanan yang terkontaminasi. Risiko utama bagi pembeli adalah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi.

Jadi, pembeli harus bertanya pada diri sendiri apakah benar-benar penting untuk membeli bahan makanan hari ini? Bisakah menunggu? Apakah saya merasa cukup sehat? Bahkan sebelum meninggalkan rumah mereka.

4. Hindari dan Batasi Ajak Anak-Anak dan Lansia

Jika mungkin, hindari membawa anak-anak ke toko-toko dan cobalah untuk berbelanja di waktu-waktu terbaik untuk menghindari keramaian. Sebagian besar toko sekarang memiliki waktu khusus untuk manula berbelanja untuk mengurangi risiko bagi mereka. Ini biasanya di pagi hari. Atau mempersiapkan petugas kesehatan untuk mengantisipasi.

5. Catat Barang yang Akan Dibeli

Buat catatan barang-barang apa dan makanan apa yang akan kadaluarsa. Lalu beli sesuai kebutuhan untuk menghindari pemborosan makanan dan uang dengan membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Buat daftar dan pastikan Anda memiliki cukup makanan untuk bertahan. Gunakan freezer Anda untuk menyimpan makanan.

 

Editor: Ra
Sumber: www.jawapos.com




Jelang Pilkada, KPU Kabupaten Batangari Lakukan Sosialisasi Bersama Pers Batanghari

  • Jumat, 03/07/2020 13:29:45 WIB
  • Dibaca: 954

BATANGHARI - Mendekati pelaksanaan pilkada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari giat lakukan sosialisasi peru...