Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulang Kampung

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo
Share

Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, fenomena mudik berbeda dengan pulang kampung. Menurut Jokowi, masyarakat yang curi star sebelum Ramadan untuk kembali ke kampung halaman, disebut pulang kampung. Bukan mudik.

“Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung.” ujar Jokowi dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa yang disiarkan, Rabu (22/4)

Presiden mengatakan sejak pandemi masuk Indonesia, para pekerja mulai kehilangan pekerjaan dan menganggur, sehingga mereka lebih memilih pulang kampung sejak awal.

“Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung,” kata Jokowi.

Sementara mudik, Presiden mengatakan hanya terjadi di hari lebaran, seperti Idul Fitri. Sehingga menurutnya, mudik berbeda dengan pulang kampung.

“Ya kalau mudik itu di hari lebaran, untuk merayakan Idul Fitri. Kalau yang namanya pulang kampung itu bekerja di Jakarta, tetapi anak-istrinya ada di kampung,” jelas Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi dengan tegas melarang mudik ke kampung halaman. Warga yang dilarang mudik adalah mereka yang berada di zona merah covid-19

Larangan tersebut berlaku mulai 24 April. Adapun sanksi akan diberlakukan pada 7 Mei bagi mereka yang bersikeras untuk mudik. (dal/fin).

Penulis: dal
Editor: Ra
Sumber: www.fin.co.id




Pilkada Ditunda, DKPP Awasi Anggaran

  • Kamis, 02/04/2020 08:50:56 WIB
  • Dibaca: 2070

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menunjuk Didik Supriyanto menjadi Anggota DKPP melalui Keputusan Preside...