SBMPN 2020 Resmi Dibuka

Illustrasi
Share

JAKARTA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 resmi dibuka hari ini, Selasa (19/5). Proses pendaftaran, ujian, hingga pengumuman SBMPN 2020 berlangsung secara daring karena pandemi covid-19.

Direktur Jenderal Pendidikan Sekolah Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan, seleksi ini bisa diikuti oleh siswa SMA, SMK, MA, dan kejar paket C lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020.

“Seleksi ini dalam satu sistem terpadu, dan dilaksanakan secara serentak,” kata Wikan, dalam konferensi video, Selasa, (19/5).

Wikan menjelaskan, bahwa SBMPN kali ini dilaksanakan dengan sistem seleksi portofolio. Mekanisme ini, disesuaikan dengan kondisi darurat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia.

“Sebelumnya, seleksi ini dilaksanakan melalui mekanisme ujian tulis. Tapi kali ini dilaksanakan dengan sistem seleksi portofolio,” ujarnya.

Wikan menambahkan, mekanisme berbasis portofolio ini seperti SNMPTN. Namun, setelah portofolio ada tahapan lain yang boleh dilakukan oleh polteknik dalam proses penerimaan calon peserta.

“Ada politeknik yang menyelenggarakan tahap lanjutan, seperti tes wawancara, kesehatan fisik, sampai tes skolastik. Ini memang jadi prerogatif dari politeknik masing-masing,” terangnya.

Pembukaan pendaftaran SBMPN sendiri akan berlangsung dari 19 Mei-25 Juni 2020. Peserta diminta untuk mendaftar dan melengkapi dara diri di laman sbmpn.politeknik.or.id.

“Tahun ini semua berjalan dengan sistem online. Peserta tidak lagi menggunakan tes tulis, namun menyertakan portofolio, mengirimkan data terkait hasil belajar semester satu sampai enam saat pendaftaran,” kata Ketua pelaksana SBMPN 2020, Zainal Arief.

Zainal menjelaskan, peserta diharuskan meng-upload data terkait lainnya, seperti ijazah ataupun Surat Keterangan Lulus (SKL), surat keterangan ekonomi keluarga hingga data penerima atau pengajuan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Setelah itu, peserta masuk pada tahap pembayaran.

“Melakukan pembayaran sebesar Rp150 ribu untuk mendapatkan username dan password untuk login. Setelah data diisi termasuk pemilihan Politeknik dan jurusan yang dituju baru difinalisasi,” jelasnya.

Zainal menuturkan, bahwa terdapat 42 pilihan polteknik negeri pada SBMPN tahun ini. Daya tampung SBMPN pada tahun ini sebesar 40 persen. Sisanya lewat jalur mandiri sebesar 20 persen.

“Hasil SBMPN sendiri nantinya akan diumumkan pada 4 Juli 2020,” pungkasnya. (der/fin)

Editor: Ra
Sumber: www.fin.co.id




Pilkada Ditunda, DKPP Awasi Anggaran

  • Kamis, 02/04/2020 08:50:56 WIB
  • Dibaca: 2060

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menunjuk Didik Supriyanto menjadi Anggota DKPP melalui Keputusan Preside...