5 Cara Turunkan Berat Badan Usai Makan Banyak Saat Lebaran

Illustrasi
Share

Jektv.co.id-Saat Lebaran, tubuh mengonsumsi aneka hidangan berlemak dari aneka santan. Belum lagi hidangan manis yang berasal dari berbagai kue kering yang bisa memicu berbagai penyakit. Tak heran, pasca Lebaran biasanya berat badan bisa bertambah.

Risiko kegemukan pasca Lebaran bisa membuat seseorang frustasi. Apalagi jika bobot tak kunjung turun setelah beberapa pekan pasca Lebaran. Padahal, 1 bulan puasa kemarin sudah membuat kita menahan hawa nafsu untuk mengendalikan diri dalam pola makan.

Dilansir dari Times of India, Rabu (27/5), beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan timbangan berat badan agar tak kegemukan usai Lebaran, di antaranya,

1. Terapi Air

Rutin dan cukup minum air putih setiap hari bisa membantu metabolisme. Baik jika minum dua gelas air sebelum makan karena bisa mengurangi asupan makanan dan juga mengurangi mengidam. Terlebih lagi, ketika tubuh terhidrasi, pengeluaran energi saat istirahat meningkat. Artinya bisa membakar kalori lebih cepat.

2. Berlatihlah Makan dengan Perlahan

Ini sangat penting jika Anda berpesta dengan makanan berminyak dan gula selama perayaan Idul Fitri. Jadikan latihan untuk menahan diri dan makan perlahan. Cara ini akan membantu Anda mengenali sinyal tubuh ketika Anda mulai merasa kenyang. Perhatikan sinyal-sinyal ini dan jangan makan berlebihan begitu merasa kenyang.

3. Kontrol Porsi

Setelah berpuasa selama sebulan, tubuh pasti kaget saat menikmati makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Maka bertekad dengan mengonsumsi porsi makanan yang lebih kecil dan mengurangi interval di antara waktu makan bisa lebih baik. Mulailah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar dan batasi camilan berkalori tinggi.

4. Mulai Berjalan 30 Menit Sehari

Penting juga untuk bangun dan bergerak. Berjalan selama tiga puluh menit setiap hari juga akan bermanfaat dalam menjaga berat badan Anda tetap terkendali. Cara ini bisa membantu tubuh latihan kardio.

5. Pantau Siklus Tidur

Bangun pagi-pagi selama bulan Ramadan mungkin telah membuat siklus tidur benar-benar keluar dari jalur. Merasa kurang tidur sepanjang hari, juga dapat memengaruhi penurunan berat badan. Berbagai penelitian telah mengaitkan kebiasaan tidur yang buruk dengan peningkatan obesitas pada anak-anak dan orang dewasa. Jadi, pastikan atur jam tidur lebih baik lagi.

Editor: Ra
Sumber: www.jawapos.com




Jelang Pilkada, KPU Kabupaten Batangari Lakukan Sosialisasi Bersama Pers Batanghari

  • Jumat, 03/07/2020 13:29:45 WIB
  • Dibaca: 954

BATANGHARI - Mendekati pelaksanaan pilkada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari giat lakukan sosialisasi peru...