Brigjend TNI M Zulkfili, Danrem Jambi Pertama yang Berstatus Bintang 1

Brigjend TNI M Zulkfili, Danrem Jambi Pertama yang Berstatus Bintang 1
Brigjend TNI M Zulkfili, Danrem Jambi Pertama yang Berstatus Bintang 1
Share

Kota Jambi - Semenjak Korem 042 Garuda Putih Jambi resmi naik menjadi Tipe A. Tentunya, kenaikan tipe tersebut juga dibarengi dengan kenaikan pangkat di unsur pimpinan Korem 042 Garuda Putih.

Sebelumnya dijabat Zulkifli dengan pangkat Kolonel, kini ia resmi naik pangkat menjadi Brigadir Jenderal TNI atau Jenderal Bintang Satu.

Pelaksanaan kenaikan pangkat Danrem 042 Gapu dari Kolonel menjadi Brigadir Jenderal TNI tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1054/VI/2020 tanggal 3 Juni 2020 tentang Kenaikan Pangkat ke dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Sesuai tradisi yang berlaku di lingkungan TNI, pelaksanaan kenaikan pangkat Danrem 042 Gapu dilaksanakan di hadapan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. Adapun jumlah yang naik pangkat 84 Pati TNI terdiri dari 74 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL dan 7 Pati TNI AU, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa 9 Juni.

Brigadir Jenderal TNI Zulkifli Putra Jambi lahir 27 September 1968; dan saat ini berumur 51 tahun. Dia adalah seorang Perwira Tinggi TNI-AD yang sejak 9 April 2020 mengemban amanat sebagai Komandan Korem 042/Garuda Putih.

Zulkifli, merupakan lulusan Akmil tahun 1991 ini dari kecabangan Kavaleri. Jabatan terakhir Jenderal Bintang Satu ini adalah Danrem 084/BJ Dam V/Brw sebelum dia menjadi Danrem 042 Gapu Jambi.

"Zulkifli adalah pejabat Danrem 042 Garuda Putih pertama yang berpangkat Jenderal Bintang Satu, sebelumnya saat menjabat masih berpangkat Kolonel". Kapenrem 042 Garuda Pituh, Mayor Hatta.

Pria kelaliran Kampung Manggis 51 tahun silam itu meniti karirnya dari Pendidikan Militer, Akmil 1991, Sussarcab Kav 1991, Selapa Kav 2001, Seskoad 2005, Sesko TNI 2014 dan Lemhanas RI 2019.

Untuk pendidikan pengembangan spesialisasi yang pernah diikuti yakni KIBI, Sussarpara, Suspa Staf Kav, Susgumil, Sus Danyon MK, Sus Danyon MK, Sus Dandim, Sus Staf Renstra dan Sus Danrem.

Sementara itu, dari Jakarta dilaporkan, sebanyak 84 perwira menengah TNI resmi mendapat kenaikan pangkat satu tingkat ke jenjang perwira tinggi atau pecah bintang.

Para pamen yang kini menjadi pati tersebut terdiri atas 74 dari matra TNI Angkatan Darat, 3 dari matra TNI Angkatan Laut, dan 7 dari matra TNI Angkatan Udara.

Sesuai tradisi di lingkungan TNI, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima laporan pelaksanaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pamen menjadi pati dengan menyandang pangkat jenderal bintang satu. Pelaksanaan penerimaan laporan tersebut digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa 9 Juni.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman mengatakan pelaksanaan kenaikan pangkat 84 orang Pati TNI tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1054/VI/2020 tanggal 3 Juni 2020. Tradisi laporan ini dikenal dengan istilah Laporan Korp Kenaikan Pangkat Pati TNI

"Upacara laporan kenaikan pangkat dipimpin langsung oleh Panglima TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa" katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa 

Sebanyak 74 perwira TNI AD yang pecah bintang di antaranya Danrem 042/Gapu Jambi Kodam II/Swj, Brigjen TNI M. Zulkifli, Danrem 092/Mrl Kaltara, Kodam VI/Mlw Brigjen TNI Suratno, Danrem 101/Ant Banjarmasin Kodam VI/Mlw Brigjen TNI Firmansyah, dan Danrem 143/Ho Kendari Kodam XIV/Hsn Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan. 

Penulis: scn/fin
Editor: Ra




Jelang Pilkada, KPU Kabupaten Batangari Lakukan Sosialisasi Bersama Pers Batanghari

  • Jumat, 03/07/2020 13:29:45 WIB
  • Dibaca: 954

BATANGHARI - Mendekati pelaksanaan pilkada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari giat lakukan sosialisasi peru...