Bau Mulut, Rutin Konsumsi Air Putih Bisa Jadi Solusi.

Illustrasi
Share

JAKARTA – Bau mulut bisa begitu mudah muncul ketika menggunakan masker. Rutin konsumsi air putih bisa jadi solusi.

Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial, RS Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Hasanuddin, drg Muhammad Ruslin M Kes Ph D Sp BM(K) mengatakan, konsumsi air putih sangat baik untuk menghindari bau mulut saat menggunakan masker. “Konsumsi air minum dalam volume yang direkomendasikan, minimal enam hingga delapan gelas per hari,” bebernya.

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat mengurangi bau mulut, seperti, menjaga kebersihan rongga mulut atau oral hygiene dengan sikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari pada pagi dan malam hari, menggunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan area sela-sela gigi, melakukan pembesihan lidah atau tongue scraping untuk mencegah penumpukan bakteri pada area lidah. Juga penggunaan obat kumur antibacterial yang tidak mengandung alkohol,

Perlu diketahui, bahwa bau mulut atau yang dikenal dengan istilah medis halitosis merupakan suatu kondisi yang multifactorial, yang mana 90 persen penyebabnya dapat disebabkan di dalam rongga mulut. Selain itu, itu baik karena gigi berlubang, sisa akar, infeksi bakteri dan jamur dalam rongga mulut, hingga penurunan produksi air liur. Kondisi lain yang menyebabkan bau mulut yakni adanya gangguan pada sistem pernapasan, sistem pencernaan, alkohol, kebiasaan merokok, dan stres.

Lainnya adalah karena mengonsumsi makanan dan minuman yang beraroma kuat. Misalnya, makanan mengandung bawang merah dan bawang putih, kandungan allyl methyl sulfide dalam kopi. (sal/dni)

Penulis: sal/dni
Editor: Ra
Sumber: fin.co.id




Jelang Pilkada, KPU Kabupaten Batangari Lakukan Sosialisasi Bersama Pers Batanghari

  • Jumat, 03/07/2020 13:29:45 WIB
  • Dibaca: 954

BATANGHARI - Mendekati pelaksanaan pilkada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari giat lakukan sosialisasi peru...