Tanpa Salah, Liverpool Tertahan dalam Derbi Merseyside melawan Everton

Aksi bintang Liverpool Sadio Mane (kanan) ketika melawan Everton di Goodison Park, dini hari tadi WIB. (Antara)
Aksi bintang Liverpool Sadio Mane (kanan) ketika melawan Everton di Goodison Park, dini hari tadi WIB. (Antara)
Share

jektv.co.id - Fans Liverpool masih harus bersabar setidaknya dalam dua laga lagi untuk memastikan juara Premier League. Setelah Manchester City mampu menang atas Arsenal 3-0 (18/6), giliran Liverpool tertahan tanpa gol dalam derbi Merseyside dini hari tadi WIB.

Bermain di markas Everton, Goodison Park, Liverpool tidak turun dengan kekuatan terbaiknya. Selain Mo Salah yang hanya duduk di bangku cadangan karena belum sepenuhnya fit, pelatih Liverpool Juergen Klopp juga belum bisa menurunkan bek kiri Andrew Robertson.

Tanpa keduanya, bek kiri dihuni pemain serbabisa James Milner dan penyerang kanan diambil alih Takumi Minamino. Memang, Liverpool masih lebih menguasai bola ketimbang lawannya. Nyaris 70 persen penguasaan bola. Tapi, soal peluang, hampir setara.

Ya, Liverpool mencatat 12 tembakan dan hanya tiga yang tepat ke arah gawang, sedangkan Everton sepuluh tembakan dengan tiga mengarah ke gawang. ”Kali ini, saya pikir ini satu poin yang layak kami dapatkan. Everton punya peluang untuk menang,” kata pelatih Liverpool Juergen Klopp di situs resmi klub.

”Itulah problem kami. Kami tidak membuat banyak peluang dengan penguasaan bola seperti itu,” ujar pelatih asal Jerman itu. ”Sejujurnya kami tidak punya banyak peluang. Setelah saya pikirkan, sepertinya semua derbi di sini, di Goodison, tampak sama, sedikit lebih baik ketika di Anfield,” lanjutnya.

Berikutnya, Liverpool akan mengejar kemenangan ketika menghadapi Crystal Palace. Peluang juara terbuka di sana. Syaratnya, Manchester City kalah ketika menjamu Burnley di Etihad untuk pertandingan pekan ke-30 mereka pada Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Dalam laga dini hari tadi WIB, Everton lebih dulu menebar ancaman di pertahanan rival sekotanya pada awal laga, tepatnya memasuki menit keempat, ketika Richarlison berhasil lolos menusuk dari sisi kiri, sayang tendangannya dari sudut sempit hanya melintas di muka gawang.

Sebaliknya, Liverpool melepaskan tembakan pertama mereka lewat Takumi Minamino, yang melakoni debut Derbi Merseyside di Premier League, sayang tendangan jarak jauh pemain Jepang itu masih jauh dari sasaran.

Pertandingan selanjutnya tak banyak diwarnai peluang berbahaya dari kedua tim, hanya tendangan bebas Trent Alexander-Arnold yang tak terhubung sempurna dengan sundulan Joel Matip dan tandukan Richarlison yang terlanjur terjebak offside beberapa saat berselang.

Empat menit jelang bubaran normal babak pertama, Liverpool mendapat kesempatan dari bola mati setelah Michael Keane menjatuhkan Sadio Mane, tapi jarak terlalu jauh dan kendati eksekusi tendangan bebas Alexander-Arnold cukup terukur arahnya masih bisa ditebak dan diamankan oleh kiper Jordan Pickford.

Liverpool kemudian harus kehilangan James Milner yang tampak kesakitan digantikan oleh Joe Gomez pada menit ke-43, menimbulkan tantangan baru bagi Juergen Klopp mengisi sektor bek kiri Andy Robertson juga tak ada di daftar skuat karena cedera.

Satu peluang lagi diperoleh oleh Liverpool sebelum turun minum lewat umpan tarik Mane, tetapi tembakan Minamino masih bisa dihalau oleh Mason Holgate memastikan babak pertama berakhir imbang nirgol.

Lebih banyak tertekan, Everton berusaha mencuri kesempatan lewat serangan balik pada menit ketika Dominic Calvert-Lewin mengirim umpan jauh yang bisa dikejar oleh Richarlison, sayang ia ruang tembaknya keburu ditutup oleh Virgil van Dijk sehingga bola penyelesaian melambung tak keruan.

Liverpool kembali mendapat masalah cedera pada menit ke-73 ketika Joel Matip harus keluar digantikan Dejan Lovren, yang sempat menimbulkan masalah turunan bagi area pertahanan mereka.

Pada menit ke-80, Richarlison berhasil memperdaya Lovren untuk mengirim umpan tarik yang disambut sontekan tumit Calvert-Lewin dan beruntung kiper Alisson Becker menunjukkan kelasnya, tetapi bola liar bisa disambut oleh Tom Davies hanya untuk ditolak oleh tiang gawang.

Dua menit kemudian Richarlison berhasil menerobos barisan pertahanan Liverpool, tetapi tembakannya lagi-lagi dimentahkan oleh Alisson.

Liverpool perlahan kembali menemukan inisiatif menyerang, tetapi waktu tak tersisa banyak dan peluang terakhir lahir lewat situasi bola mati tak jauh dari kotak penalti.

Bola dihadapi oleh Fabinho yang melepaskan tendangan bebas berbahaya, hanya untuk dimentahkan Pickford ke atas mistar gawang dan skor imbang nirgol tak bertahan hingga peluit tanda laga usai nyaring terdengar.

Everton akan bertandang ke klub juru kunci Norwich City dalam pertandingan berikutnya pada Rabu (24/6) waktu setempat (Kamis WIB), sedangkan Liverpool menjamu Crystal Palace di Anfield.

Editor: Ra
Sumber: www.jawapos.com




Jelang Pilkada, KPU Kabupaten Batangari Lakukan Sosialisasi Bersama Pers Batanghari

  • Jumat, 03/07/2020 13:29:45 WIB
  • Dibaca: 520

BATANGHARI - Mendekati pelaksanaan pilkada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari giat lakukan sosialisasi peru...