Barcelona vs Bilbao: Rebut Takhta

Barcelona vs Bilbao: Rebut Takhta
Barcelona vs Bilbao: Rebut Takhta
Share

BARCELONA — Posisi Barcelona di puncak klasemen La Liga baru saja dirampas Real Madrid. Kemenangan atas Athletic Bilbao di jornada ke-31, dini hari nanti akan mengembalikan mereka ke singgasana liga meski hanya 24 jam.

Raksasa Catalan kehilangan takhta La Liga setelah kemenangan Madrid di markas Real Sociedad. Meski sama-sama mengoleksi poin 65 dan unggul selisih gol, Lionel Messi dan kawan-kawan harus merelakan takhta mereka karena kalah head to head.

Kedua klub bermain imbang 0-0 dalam El Clasico pertama di Camp Nou, tahun lalu. Setelah itu, Los Blancos, julukan Madrid menggasak Barcelona dua gol tanpa balas pada duel kedua La Liga di Santiago Bernabeu, Maret lalu.

Karena itu, untuk bisa mempertahankan gelar, Barcelona tidak punya pilihan lain selain mengamankan delapan pertandingan sisa mereka sambil berharap Madrid akan tergelincir. Dan itu harus mereka mulai kala menjamu Bilbao.

Bicara peluang, Barcelona punya kans alias favorit memenangi pertandingan ini. Disadur dari Whoschored, Barcelona tidak terkalahkan dalam 27 pertandingan kandang terakhir mereka di La Liga dan 22 laga kandang terakhirnya melawan Atheltic Bilbao di semua kompetisi.

Tetapi, Pelatih Barcelona, Quique Setien jelas tidak bisa menganggap laga ini akan mudah mereka menangkan. Setien bisa berkaca pada lima pertemuan terakhir kedua klub. Hasilnya tidak mengenakkan. Dua kali kalah dan dua kali imbang. Bahkan, kekalahan itu mereka alami di dua duel terakhir.

Masalah lain, Barcelona seperti halnya era Ernesto Valverde masih miskin kreativitas. Enam pertandingan tanpa gol di La Liga adalah bukti sahih. Teranyar, mereka mempertontonkannya di markas Sevilla. Mereka dominan, tapi nyaris tanpa ancaman. Beruntung mereka tak kalah.

Tidak mengherankan jika bek Barca, Gerard Pique sudah menyuarakan pesimisme timnya akan mengalahkan Madrid dalam perebutan gelar. “Dari apa yang kami lihat dalam dua pertandingan terakhir, itu akan sulit. Kami memiliki lebih banyak kontrol, kami menciptakan (peluang), tetapi kami tidak bisa mencetak gol,” keluh Pique di MARCA.

Setien menyebut keluhan Pique itu hanya bentuk frustasi sesaat. Namun, ia dan skuatnya tentu perlu menjadwab pesimisme itu dengan kemenangan. “Itu (persaingan gelar) tidak tergantung pada kita lagi, tetapi ini bisa berubah,” tegas Setien.

Kiper Barca, Marc-Andre ter Stegen sementara itu optimis mereka bisa kembali merebut takhta dari Madrid. “Sekarang kami harus berjuang untuk tiga (poin) berikutnya. Kami harus positif. Kami harus berkonsentrasi pada diri kami sendiri. Kami akan berjuang untuk setiap poin,” ujarnya.

Di kubu Bilbao, setelah meraih kemenangan pertamanya sejak restart dengan mengalahkan Real Betis akhir pekan lalu, mereka datang ke Barcelona dengan ambisi besar. “Ketika Anda berada di Athletic, Anda harus menang setiap minggu,” kata sang pelatih, Gaizka Garitano di El Intra.

Bilbao saat ini berada di posisi kesembilan di klasemen dengan hanya terpaut lima angka dari zona Eropa. Jadi, mencuri poin di Camp Nou sangat vital bagi mereka. “Kita berada dalam dinamika yang baik. Kami akan berjuang sampai akhir untuk bisa dekat dengan posisi itu,” tegasnya.

Tim Basque hanya akan kehilangan Yuri Berchiche di laga ini akibat akumulasi kartu kuning. Sebaliknya, Barcelona masih tanpa Ousmane Dembele. Selain itu, Barca juga harus menunggu perkembangan terbaru dari Sergi Roberto dan Frenkie de Jong yang mengalami cedera. (amr/*)

Penulis: amr
Editor: Ra
Sumber: fin.co.id




Jelang Pilkada, KPU Kabupaten Batangari Lakukan Sosialisasi Bersama Pers Batanghari

  • Jumat, 03/07/2020 13:29:45 WIB
  • Dibaca: 520

BATANGHARI - Mendekati pelaksanaan pilkada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari giat lakukan sosialisasi peru...