SKK Migas-PetroChina Sukses Gelar Webinar Series

SKK Migas-PetroChina Internasional Jabung Ltd sukses menyelenggarakan Web Seminar (Webinar)
SKK Migas-PetroChina Internasional Jabung Ltd sukses menyelenggarakan Web Seminar (Webinar)
Share

JAMBI – SKK Migas-PetroChina Internasional Jabung Ltd sukses menyelenggarakan Web Seminar (Webinar). Kegiatan yang dilaksanakan, pada Rabu Pagi (1/7/2020) diikuti oleh puluhan peserta.

Webinar yang mengangkat tema Adaptasi Kebiasaan Baru "Semangat dan Peluang Baru. Adaptasi kebiasaan baru, tetap aman dan produktif di era pandemi covid-19.

Webinar dibuka langsung Kepala SKK Migas Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo, dengan menampilkan tiga pemateri, yaitu dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes Direktur Promkes-Kemenkes RI, Kemudian pembicara selanjutnya adalah H. Yuliyanto, SE, MM Walikota Salatiga, dan Novia Susanti, SKM, M. Biomed, Peneliti Balitbangda Provinsi Jambi.

Ketiga pemateri tersebut pada dasarnya menyampaikan materi tentang penerapan protokol kesehatan Covid-19, Adaptasi Kebiasaan baru sebagai upaya penanganan penyebaran Covid-19.

Hadir dalam Webinar tersebut yakni VP HR and Relations PetroChina, Dencio Renato Boele, dan Kepala Bappeda Kabupaten Tanjung Jabung Timur Drs. Ali Fahruddin, MPA.

Webinar yang di pandu oleh Ezza Octavia Utami berlangsung selama 3 jam, yakni mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB dengan moderator bapak Sakri  Sab'atmaja, SKM, MSi dan Banu Subagyo, SH, MPA.

Dalam kata sambutan pembukaan webinar, Kepala SKK Migas Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo mengatakan maksud dan tujuan dalam webinar ini agar masyarakat dan pelaku usaha dapat memahami dan menjalani dengan tepat, terkait adaptasi kebiasaan baru, sehingga tercipta kondisi kesehatan masyarakat yang jauh dari pandemi covid-19 dan kenyamanan bersama dalam melakukan aktivitas di masyarakat.

Kepala SKK Migas Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo

Adiyanto Agus Handoyo juga mengungkapkan, rasa syukur atas apresiasi yang luar biasa dan antusias peserta dalam mengikuti webinar ini dengan dilihat langsung sebanyak 80 peserta mengikuti webinar melalui zoom meeting dan puluhan yang mengikuti melalui akun Youtube di channel JPM Project yg melakukan Live Streaming.

“ Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia yang terlibat pada webinar yang pertama kali dilakukan, telah bekerja keras menyiapkan webinar ini dan melayani puluhan peserta.” Ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh VP HR and Relations PetroChina, Dencio Renato Boele mengucapkan terima kasih kepada peserta yang mengikuti webinar ini. Ia mengharapkan webinar dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat.

Dencio Renato Boele menjelaskan sebagai kontraktor di industri hulu migas Indonesia, PetroChina telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk pencegahan covid-19 sejak Januari tahun 2020.

“Setiap hari kami rutin melakukan pengcekan suhu tubuh kepada seluruh karyawan, dan melaksanakan kebijakan bekerja dari rumah bagi karyawan kantor Jakarta.”Ujarnya

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Tanjung Jabung Timur Drs. Ali Fahruddin, MPA mengatakan Tanjung Jabung Timur telah melakukan langkah nyata untuk mencegah wabah virus corona yang dilakukan oleh tim gugus tugas penanganan covid-19 yang dibentuk dan bekerja keras.

“ Sampai hari ini untuk Kabupaten Tanjung Jabung Timur teridentifikasi yang positif nihil”. Ucapnya

Dalam webinar tersebut, beberapa poin penting dirumuskan diantaranya :

  • Covid-19 sudah ditetapkan oleh WHO sebagai wabah global yang menyebar melalui kontak fisik antara manusia.
  • Covid-19 akan terus menjadi ancaman tanpa adanya perubahan perilaku yang signifikan.
  • Inti dari kebiasaan baru yang harus dibiasakan adalah : memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun selama 20 detik, menjaga jarak sekitar 1 meter bila bertemu langsung atau physical distancing.
  • Upaya pencegahan Covid-19 dengan penerapan kebiasaan baru dapat dilakukan dalam tingkatan individu dan masyarakat. Upaya pencegahan Covid-19 ditingkatan individu adalah penerapan pola hidup bersih dan sehat diantaranya memakai masker, cuci tangan pakai sabun.
  • Protokol kesehatan yang diadaptasikan sebagai pola kebiasaan baru dapat disusun dengan mengadopsi protocol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan dikembangkan menjadi adaptasi kebiasaan baru serta praktek baik yang sudah diterapkan dan berjalan dengan efektif di daerah lain.
  • Upaya pencegahan Covid-19 di tingkatan masyarakat perlu di dorong melalui regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.
  • Selain mempersiapkan protokol kesehatan sebagai pola kebiasaan baru, upaya penguatan sektor kesehatan juga perlu dilakukan dengan memperkuat kapasitas pelayanan kesehatan
  • Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur saat ini sedang menyusun Peraturuan Bupati berkaitan dengan protokol kesehatan sebagai kebiasaan baru untuk tatanan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Editor: Ra




Pilkada Harus Aman Covid-19

  • Kamis, 06/08/2020 07:25:57 WIB
  • Dibaca: 886

JAKARTA – Pelaksanaan Pilkada Serentak akan digelar pada 9 Desember 2020 m mendatang. Semua persiapan terus d...