Cegah Mandul dengan Rutin Konsumsi Telur

Illustrasi
Share

jektv.co.id — Mengecilnya testis (buah zakar) sangat memengaruhi kesuburan pria hingga menyebabkan kemandulan. Hal ini bisa diatasi dengan perbaikan hormon melalui makanan bergizi.

Ahli Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Dr dr Khidri Alwi SKM MKes menyampaikan, makanan yang baik untuk kesuburan pria termasuk kacang-kacangan. Seperti kacang tanah, almond, atau walnut. “Hal itu berdasarkan dari penelitian bahwa sering mengonsumsi lemak jenuh tunggal seperti kacang, membuat kadar testosteron lebih banyak,” jelasnya seperti dikutip dari Harian Fajar (Fajar Indonesia Network Grup).

Selain itu, konsumsi telur harus lebih rutin. Untuk makanan lainnya, tiram atau kerang juga baik karena banyak mengandung protein, magnesium, dan zinc. Juga daging merah, sayur hasil persilangan, seperti kangkung, daun kelor, brokoli, kembang kol, dan toge. Lainnya adalah madu seperti madu hitam (trigona). Kemudian bawang-bawangan serta buah-buahan semisal anggur dan durian yang mengandung vitamin A, E, zinc, dan alenium tinggi.

Sementara itu, Spesialis Urologi RS Hermina Makassar, Dr dr Azwar Amir SpU menjelaskan terkait kondisi medis ketika testis mengecil atau dikenal dengan nama atropi testis. Tetstis merupakan tempat memproduksi sel-sel sperma. Jika mengecil, volume untuk memproduksi sperma kurang. Bahkan, malah tidak ada sperma sehingga risiko dari kurangnya sperma bisa menyebabkan kemandulan. Atropi testis dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kelainan genetik, gangguan hormon reproduksi, dan torsio testis. Selain itu, juga karena cedera pada testis dan karena usia tua.

Tetapi, bisa juga karena penyakit sejak kecil. Penyakit yang membuat testis mengecil dialami sejak kecil, yaitu mumps orchitis. Penyakit karena tidak mampunya testis memproduksi sperma yang disebabkan infeksi berkepanjangan (misalnya gondongan, tuberkulosis, sifilis, gonore). Pengecilan testis akan sangat berdampak fatal jika kesuburan pria juga kurang baik.

Selain masalah kesehatan fisik, kesuburan pria dipengaruhi dari merokok, minum minuman beralkohol, penggunaan obat terlarang, penggunaan celana ketat, penggunaan steroid jangka panjang, anemia, dan lainnya. Untuk mengantisipasi dampak paling fatal dari pengecilan testis, kata dokter Azwar, memperbaiki kesuburan atau kualitas hormon bisa dilakukan. “Asupan dari makanan bergizi atau makanan baik meningkatkan hormon kesuburan pria bisa jadi solusi,” ucapnya. (sal)

Editor: Ra
Sumber: fin.co.id




Cerah, Harapan Ratu Munawaroh Untuk Generasi Milenial

  • Rabu, 07/10/2020 17:04:05 WIB
  • Dibaca: 2416

JAMBI - Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak bulan februari lalu tidak hanya dirasakan di Jambi, tapi juga di In...