Waspadalah jika Kencing Anda Berbusa

Illustrasi
Share

JAKARTA – Anda baru menyadari ada yang salah dengan air kencing Anda belakangan ini. Urine yang sebelumnya tidak berbusa itu, bukanlah pemandangan harian Anda saat di toilet. 

Jika dilihat dari sisi yang positif, mungkin air kencing yang berbusa itu dikarenakan, akibat penuhnya kantung kemih Anda,  memaksa tubuh untuk menembakan urine dalam kecepatan penuh, menyebakan pembentukan busa di toilet. 

Namun tahukah Anda, jika itu bukan kasus Anda, maka penyebabnya bisa jadi akibat kondisi kesehatan tertentu, yang tidak Anda sadari terjadi pada tubuh Anda. 

Untuk itu, carilah beberapa tanda lain di tubuh Anda, apakah ada pembengkakan di tangan, kaki, wajah atau perut, yang menandakan adanya kerusakan pada ginjal. 

Kencing berbusa, seperti dilansir Healtline, juga mengindikasikan terlalu banyaknya protein, dalam hal ini albumin, yang bereaksi ketika urine menyentuh permukaan air saat buang air kecil. 

Mereka dengan masalah kesehatan, seperti diabetes, histori penyakit ginjal turunan dan hipertensi, adalah mereka yang memiliki kecenderungan punya masalah dengan fungsi ginjalnya.

Pada kasus tertentu, meski sangat jarang, urine berbusa juga disebabkan oleh ejak*lasi retrograde, yang terjadi ketika sp*rma yang harusnya di buang keluar, malah naik menuju kantung kemih. 

Di sisi lain juga, urine berbusa terjadi akibat penggunaan bahan kimia tertentu, untuk membersihkan toilet. Jika Anda tidak lagi menemukan kasus yang sama usai berhenti menggunakannya, maka permasalahan itu terjawab.

Penulis: ruf
Editor: Ra
Sumber: fin.co.id




Prabowo Jadi Ketua Umum Gerindra Lagi

  • Minggu, 09/08/2020 12:14:21 WIB
  • Dibaca: 431

BOGOR- Partai Gerindra kembali memilih Prabowo Subianto menjadi ketua umum untuk periode 2020-2025. Keputusan itu ...