Kendalikan Kolesterol Lewat Buah

Illustrasi
Share

JAKARTA – Mengatasi kolesterol tinggi bergantung dari gaya hidup, terutama disiplin dari konsumsi sehari-hari. Ahli Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Dr dr Khidri Alwi SKM MKes menyarankan, kiatnya didahulukan dengan mengendalikan lewat buah. “Cukup satu jenis per hari,” katanya kepada FAJAR, Kamis, 23 Juli.

Jenis buahnya, sebagai berikut:

Anggur

Kaya akan serat larut air yang mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Memiliki senyawa antioksidan tinggi, terutama anggur merah. Cukup tiga butir.

Pisang

Kandungan zat inulinnya yang membantu mengurangi kolesterol

Apel

Kaya akan kandungan pektin, yaitu kandungan nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Pektin menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses.

Alpukat

Kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Jambu Biji

Kandungan dalam buah jambu biji juga bisa membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium serta yang ada dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. (sal/dni)

Penulis: (sal/dni)
Editor: Ra
Sumber: fin.co.id




Cerah, Harapan Ratu Munawaroh Untuk Generasi Milenial

  • Rabu, 07/10/2020 17:04:05 WIB
  • Dibaca: 2416

JAMBI - Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak bulan februari lalu tidak hanya dirasakan di Jambi, tapi juga di In...