5 Manfaat Memakan Biji Pepaya

Illustrasi
Share

JAKARTA – Yang kebanyakan dilakukan orang sebelum mengkonsumsi buah pepaya, adalah memotongnya dan membuang biji-bijinya yang berwarna hitam itu. 

Namun yang tidak diketahui banyak orang adalah, bahwa biji yang teksturnya terasa kenyal itu,  ketika dikonsumsi, ternyata punya manfaat istimewa terhadap tubuh manusia. 

Tidak percaya? Berikut manfaat biji pepaya seperti dilansir Prevention:

- Membersihkan liver dan ginjal

Selain membuang racun dari liver tubuh, konsumsi biji pepaya dapat meningkatkan fungsi liver, dan melindungi ginjal dari radang. 

- Menurunkan tensi darah

Carpaine-a, sebuah senyawa yang juga ditemukan pada biji pepaya ini, diklaim dapat menurunkan diastolic, systolic dan mean arterial blood pressusre atau yang dikenal dengan MAP.

- Sifat anti radang

Tidak hanya baik untuk menjaga ginjal, zat lain yang juga ditemukan di biji pepaya, seperti papain dan chymopapain, menawarkan sifat anti radang, untuk meredakan asma, asam urat dan masalah persendian. 

- Sifat anti kanker

Senyawa fenol dan flavanoid yang dimiliki biji pepaya, menawarkan antioksidan yang sifatnya memerangi kanker. Sementara Isothiocyanate yang juga terkandung di dalamnya, memiliki khasiat mencegah beberapa jenis kanker. 

- Sifat anti parasit, patogenik dan bakteri

Kombinasi ketiganya diklaim efektif dalam menghancurkan mikroorganisme pada pencernaan, dan memerangi keracunan makana.

Penulis: Ruf
Editor: Ra
Sumber: fin.co.id




Prabowo Jadi Ketua Umum Gerindra Lagi

  • Minggu, 09/08/2020 12:14:21 WIB
  • Dibaca: 431

BOGOR- Partai Gerindra kembali memilih Prabowo Subianto menjadi ketua umum untuk periode 2020-2025. Keputusan itu ...