Istilah Baru dan Masyarakat Pada Masa Covid-19

Illustrasi
Share

jektv.co.id - Timbulnya permasalahan seperti pandemi ini membuat pemerintah perlu bergerak cepat untuk membuat kebijakan. Sistem yang dipakai pemerintah harus memiliki daya guna yang cepat dipahami dan diingat oleh masyarakat Indonesia. Salah satu istilah yang dipakai adalah PSBB atau singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. PSBB dilakukan untuk menutup akses atau membatasi wilayah yang memiliki resiko besar dalam penularan virus corona, yakni sekolah, tempat kerja, terminal dan fasilitas umum lainnya yang memungkinkan manusia berinteraksi berskala besar.

Sistem PSBB sendiri adalah kewenangan pemerintah secara penuh untuk memperpanjang masa inkubasi atau membuka akses jikalau keadaan wilayah yang diterapkan sudah benar-benar bersih. Zona yang terbagi menjadi beberapa ini hanya sebagian saja yang dilakukan PSBB, seperti wilayah dengan zona merah yang memiliki tingkat penyebaran terbanyak. Hal ini tentu saja membuat masyarakat Indonesia harus beradaptasi dengan keadaan yang serba terbatas. Ada banyak kegiatan yang dibuka secara daring oleh banyak instansi di Indonesia seperti tagar #workfromhome atau #dirumahaja yang memungkinkan para pekerja kantoran untuk melakukan aktivitas setiap hari dari rumah. Lalu, ada juga sistem belajar jarak jauh yang sedang dilaksanakan oleh banyak sekolah di Indonesia atas arahan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia agar siswa-siswi tetap menerima fasilitas belajar ketika situasi pandemi.

Sejak dikeluarkannya istilah PSBB ini mengakibatkan adanya kebiasaan baru yang ada di kehidupan masyarakat. Kebiasaan baru yang mulai dilakukan adalah menggunakan masker dan hand sanitizer atau mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Ketika berkunjung ke tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan, hiburan dan fasilitas umum lainnya masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan yang ada. Dengan adanya kebijakan ini masyarakat sedikit bisa beraktivitas, meskipun masih ada banyak kekurangan. Harapan terus ada bagi masyarakat Indonesia untuk bertahan di dalam situasi pandemi ini ketika pemerintah dan masyarakat bersinergi, bahu-membahu untuk bekerja sama agar situasi pandemi tetap kondusif dan cepat selesai.

Penulis: itr
Editor: Ra




Pilkada Harus Aman Covid-19

  • Kamis, 06/08/2020 07:25:57 WIB
  • Dibaca: 886

JAKARTA – Pelaksanaan Pilkada Serentak akan digelar pada 9 Desember 2020 m mendatang. Semua persiapan terus d...