Meraih Gelar Sarjana dan Menjadi Entrepreneur Muda Sukses

Rifani Puji Astuti
Rifani Puji Astuti
Share

JAMBI - Universitas Jambi (UNJA) adalah salah satu institusi pendidikan dan merupakan perguruan tinggi negeri favorit yang berada di provinsi Jambi, dengan peringkat akreditasi B yang memiliki visi menjadikan UNJA sebagai A World Class Entrepreneurship University. Dalam visinya UNJA memiliki misi  untuk melaksanakan pendidikan berkualitas serta mengembangkan kreativitas entrepreneur sesuai dengan bakat dan minat mahasiswa dan melaksanakan berbagai penelitian kreatif dan inovatif yang mendukung pelaksanaan pendidikan entrepreneur yang berkualitas, baik di tingkat Nasional maupun Internasional yang menghasilkan para lulusan entrepreneurship dari berbagai bidang keilmuan yang kompetitif serta mampu mengaplikasikan ilmu sesuai bidangnya secara professional.

Peran diadakannya visi mengenai entrepreneurship dalam dunia pendidikan di UNJA sedikit banyak telah memberikan sumbangsih yang bernilai lebih dalam menghasilkan lulusan sarjana berbekal pengetahuan kewirausahaan serta para lulusan sarjana yang berhasil menjadi seorang entrepreneurship berkualitas dan bernilai saing pada era global dan era digital kini. Rifani Puji Astuti adalah salah satu mahasiswa UNJA di fakultas ekonomi dan bisnis, program studi manajemen pemasaran yang baru saja mendapat gelar sarjana ekonomi di tahun 2019 kemarin, tidak hanya sukses dalam pendidikan tetapi ia juga sukses dalam berbisnis. Rifani mulai menata bisnisnya atau mulai menjadi seorang wirausahawan sejak ia masih menjadi mahasiswi UNJA di semester 3 perkuliahannya.

Ia dapat dikatakan sebagai salah satu contoh mahasiswi yang berhasil menerapkan dengan baik visi dan misi UNJA  yakni A World Class Entrepreneurship University  yang akan menghasilkan para lulusan berbasis entrepreneurship. Ia juga merupakan salah satu wirausahawan muda Jambi yang cukup baik reputasinya dalam dunia bisnis Distro (Distribution Store) dengan merk KaosPolosJambi yang menjual beberapa aksesoris anak muda seperti kaos/baju atau kemeja, celana, sepatu, tas dan topi serta dompet ataupun aksesoris lainnya. Sebagai pemilik tunggal Distro tersebut, kini Rifani memiliki satu karyawan tetap yang bekerja dibawah pengawasannya. Menariknya karyawan yang ia miliki kini juga merupakan seorang mahasiswi, yang mana juga memiliki semangat berwirausaha yang cukup tinggi.

Selain dari kemampuan pribadi yang di miliki Rifani dalam berbisnis ia juga tidak memungkiri bahwa peran pendidikan sangatlah membantu dalam membangun karakter serta kreatifitas seorang wirausahawan. Selaras pula dengan tujuan UNJA yakni membuka dan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berkembang menjadi masyarakat modern yang menghayati iman dan taqwa serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni juga mengembangkan sumber daya manusia yang berilmu, kreatif, berdisiplin, bermoral dan beretika, berdedikasi tinggi dan mampu menyesuaikan diri serta bersaing dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni. Ditambah adanya era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) dimana kini masyarakat dituntut agar mampu bersaing dalam kewirausahaan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Visi dan misi UNJA yang sangat mengedepankan pelaksanaan pendidikan entrepreneur yang berkualitas ini yang menginginkan para lulusan berbasis entrepreneur juga sedikit banyak mengubah pandangan mahasiswa/i akan sebuah pekerjaan yang sulit didapat jika sudah lulus kuliah dan mengubah pemikiran untuk tidak terus bermentalkan seorang karyawan yang bekerja dibawah tekanan, melainkan dengan menjadi seorang wirausahawan yang malah membuka lapangan pekerjaan baru serta mampu mengurangi tingkat jumlah pengangguran. Hal ini dapat terlihat pada salah satu tulisan Rifani di akun sosial media Instagram miliknya yakni “Bangunlah Impianmu sendiri atau orang lain akan memperkerjakanmu untuk membangun impian mereka”.

Penulis: RKS
Editor: Ra




Pilkada Harus Aman Covid-19

  • Kamis, 06/08/2020 07:25:57 WIB
  • Dibaca: 886

JAKARTA – Pelaksanaan Pilkada Serentak akan digelar pada 9 Desember 2020 m mendatang. Semua persiapan terus d...