Usaha Sewa Sepeda Ditengah Pandemi

Usaha Sewa Sepeda Ditengah Pandemi
Usaha Sewa Sepeda Ditengah Pandemi
Share

JAMBI - Memasuki bulan ke 5 adanya wabah pandemi covid-19 ini masih memiliki dampak yang cukup berarti di kalangan masyarakat. Kali ini khususnya dari segi Usaha Kecil Menengah (UKM) penyedia barang dan jasa yang ada di kota Jambi. Salah satunya usaha penyedia sepeda di Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi untuk disewakan kepada masyarakat yang hanya sekedar ingin bermain sepeda disana.

Ibu Pitrianti Sari (42), merupakan salah satu pemilik usaha sewa sepeda yang berada di Kota Baru tersebut memaparkan mengenai dampak yang cukup signifikan terjadi terhadap usaha sewa sepeda milikinya selama pandemi covid-19 ini terjadi. Usaha sewa sepedanya ini pun disinyalir sudah ia tekuni kurang lebih selama 10 tahun belakangan ini. Dan usaha sewa sepeda tersebut merupakan usaha sewa sepeda yang dikelola oleh ia dan adiknya, jadi dapat dikatakan usaha sewa sepeda ini merupakan usaha bersama milik keluarganya. Jumlah sepeda yang ada ialah kurang lebih 50 sepeda dengan berbagai jenis dan ukuran yang beragam, mulai dari sepeda lipat yang tengah naik daun di kalangan masyarakat, hingga sepeda gunung yang kebanyakan digandrungi oleh kaum laki-laki,

“Untuk sewa sepeda ini buka setiap hari, mulai dari pagi pukul 05.30 sampai sore hari, sebab biasanya di akhir pekan peminat penyewa sepeda jauh lebih banyak.” ungkapnya.

Untuk harga penyewaan sepeda itu pun dibandrol dengan harga Rp. 10.000/jam dengan sudah mendapatkan gratis air mineral satu botol.

Pandemi covid-19 sendiri ini pun tidak terlalu memberikan dampak yang buruk untuk usaha sepeda miliknya tersebut, sebab pada realitanya ia menyebutkan penyewaan sepeda miliknya malah meningkat, apalagi sebulan belakangan ini sedang marak-maraknya sekali masyarakat untuk bermain sepeda.

Selain daripada itu, ibu Pitri mengatakan bahwa ia juga turut menjual beberapa sepeda lama miliknya, dengan cara dipromosikan atau dijual melalu media sosial. Sebab banyak konsumen yang tertarik untuk membeli sepeda bekas dengan harga dan kualitas yang cukup baik ditempatnya tersebut.

“Disebabkan kini penggunaan sepeda termasuk ke dalam salah satu aktivitas olahraga yang pada dasarnya di galakkan pada masa pandemi ini, upaya untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran dengan cara berolahraga selama berada di rumah saja sesuai anjuran pemerintah.” Sebut Pitri

Adapula ibu Hidawati, penyedia sewa sepeda lainnya yang juga ada disana turut berbagi kisah mengenai usaha penyewaan sepeda yang dimiliki. Ia memiliki kurang lebih 100 sepeda yang disewakan,dan tidak jauh berbeda dengan penyewa sepeda sebelumnya, bahwa penyewaan sepeda ini cukup meningkat semenjak satu bulan belakangan ini. Dari beberapa pemilik usaha sepeda tersebut, merupakan warga yang tinggal dan menetap di sekitar daerah Kota Baru Jambi yang membuka usaha sewa sepeda di area tersebut.

Kemudian seiring berjalannya kegiatan usaha sewa sepeda tersebut, menariknya ialah mereka tetap mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan terkait upaya pemberantasan covid-19 ini. Seperti menggunakan masker, dan juga menyediakan air serta tempat untuk mencuci tangan bagi penyewa yang ingin menyewa sepeda. Dikatakan pula, bahwa seluruh penyewa yang menyewa sepeda juga turut menggunakan masker.

Penulis: Rks
Editor: Ra




Lembaga Penyiaran dan Media Mulai Diawasi

  • Kamis, 13/08/2020 07:47:33 WIB
  • Dibaca: 131

JAKARTA – Euforia Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 mulai terasa. Lembaga penyelenggara pemilu ...