Pedagang Hewan Qurban Menjelang Idul Adha

Pedagang Hewan Qurban Menjelang Idul Adha
Pedagang Hewan Qurban Menjelang Idul Adha
Share

JAMBI - Tinggal menghitung hari lagi kita akan memasuki hari raya Idul Adha atau biasa disebut hari raya qurban. Idul Adha adalah sebuah hari raya islam yang melakukan penyembelihan hewan. Umumnya hewan yang diqurbankan adalah sapi dan kambing. Menjelang hari raya Idul Adha mulai bermunculan pedagang-pedagang hewan qurban. Salah satu pedagang hewan qurban yang ada di Jambi yaitu penyediaan hewan qurban sapi dan kambing milik bapak Indra Suardi.

Penyediaan hewan qurban milik bapak Indra Suardi berlokasi di daerah Mayang, Kota Jambi ini sudah melakukan bisnis hewan kurban selama hampir 35 tahun. Bisnis ini dimulai sejak tahun 1985. Awalnya pak Indra Suardi memulai bisnis bibit tanaman, namun karena bisnis tersebut tidak menjanjikan akhirnya pak Indra berpindah ke bisnis ternak hewan qurban. Semenjak melakukan bisnis hewan qurban, pak Indra sudah mendapat piagam penghargaan dari Sekretariat Presiden.

Sapi yang ada di tempat penyedian hewan qurban pak Indra berjumlah 211. Jenis sapinya juga beragam, ada sapi lokal, limusim, bali, simental, dan lain-lain.

“Sapi yang banyak dipilih pembeli biasanya jenis sapi bali, karena sapi bali memiliki daging yang banyak dan tulang yang sedikit, harganya pun terjangkau. Oleh karena itu sapi bali memiliki banyak peminat.” Ujarnya

Sampai hari ini 28 Juli jumlah sapi yang sudah terjual sebanyak 169 ekor. Selain sapi, pak Indra juga menyediakan hewan kambing yang berjumlah 169 dengan jenis yang beragam yaitu jenis rambon, kacang, dan sebagainya. kambing tersebut sudah terjual sebanyak 115.

Namun semenjak virus corona muncul penjualan sapi dan kambing menurun sebanyak 40%. Sapi dan kambing milik pak Indra diternak sendiri dari sekitar umur 8 bulanan di daerah tulang bawang. Kemudian jika ada pesanan, hewan tersebut dibawa ke tempat pak Indra.

Hewan-hewan miliknya dirawat dan diberi makan yang baik. Sapi dan kambing tersebut dimandikan sehari dua kali, diberi makan rumput dan dedak singkong. Selain diberi makan, hewan-hewan tersebut juga diberi obat cacing agar sehat.

Indra menjelaskan untuk mencari ciri-ciri sapi untuk kurban dilihat dari umur yang sudah dua tahun, kemudian sehat, kaki sapi berdirinya harus lurus, tanduk sapi sama panjang, dan tidak cacingan. Harga sapi di tempat pak Indra relatif dengan kisaran Rp 15.000.000 – Rp 24. 000.000, sedangkan harga kambing kisaran Rp 2.500.000 – Rp 4.000.000.

Penulis: Itr
Editor: Ra




Pilkada Harus Aman Covid-19

  • Kamis, 06/08/2020 07:25:57 WIB
  • Dibaca: 883

JAKARTA – Pelaksanaan Pilkada Serentak akan digelar pada 9 Desember 2020 m mendatang. Semua persiapan terus d...