Mencari Referensi di Kala Pandemi ​

Illustrasi
Share

jektv.co.id - Sulitnya akses menuju perpustakaan membuat beberapa kalangan seperti mahasiswa, kesulitan untuk mendapat bahan referensi untuk tugas dan skripsi mereka. Perpustakaan memiliki banyak koleksi yang dicari mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas mereka yang menumpuk setiap harinya.

Hal ini akhirnya membuat para mahasiswa kebingungan karena tugas-tugas yang dikerjakan tanpa referensi tidak akan bisa dinilai, lantaran bisa diindikasikan sebagai tindakan plagiarisme. Di masa pandemi seperti ini semua kalangan harus memutar otak untuk mendapatkan hal tersebut tetapi tidak melanggar aturan PSBB yang dilaksanakan pemerintah.

Ada banyak solusi yang menjadi alternatif bagi para mahasiswa dan siswa-siswi yang memerlukan referensi bacaan untuk membuat tugas, antara lain :

1. Membeli Buku Secara Online

Teknologi yang memudahkan masyarakat saat ini telah bertumbuh dengan pesat dan efesien. Sistem dagang pun sekarang banyak yang beralih ke daring. Salah satunya adalah toko buku. Banyak toko buku yang membuka gerainya secara daring untuk memudahkan orang-orang membeli tanpa perlu datang ke toko bukunya langsung. Meskipun ini sudah berlangsung sebelum adanya pandemi, tetapi hal tersebut bisa menjadi alternatif untuk mencari bahan referensi di kala pandemi.

2. Mengunduh Aplikasi iPusnas

Bagi kalian yang memiliki gadget di rumah, saat ini dinas kerasipan dan perpustakaan di bawah arahan bapak Joko Widodo telah meluncurkan aplikasi perpustakaan nasional yaitu iPusnas. Aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah menggunakan playstore dengan data yang tidak terlalu besar.

3. Meminjam Kepada Teman

Jika dirasa sudah sangat sulit untuk menemukan referensi, kita bisa bertanya kepada teman untuk bahan-bahan dari tugas yang dikerjakan. Jika teman kita memilikinya maka jangan ragu untuk meminjamnya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat memudahkan mahasiswa dan siswa-siswi di rumah yang kekurangan bahan referensi berupa buku. Ada banyak referensi lainnya seperti dalam beberapa website yang kredibel untuk bahan referensi tugas dan skripsi di rumah.

Penulis: Itr
Editor: Ra




Pilkada Harus Aman Covid-19

  • Kamis, 06/08/2020 07:25:57 WIB
  • Dibaca: 884

JAKARTA – Pelaksanaan Pilkada Serentak akan digelar pada 9 Desember 2020 m mendatang. Semua persiapan terus d...