Puasa Medsos, Perlukah?

Illustrasi
Share

jektv.co.id - Apakah Anda pernah merasa sangat suntuk ketika menggulir gawai seharian? Membuka-buka media sosial hingga akhirnya kelelahan sendiri? Menggulir timeline tapi tidak ingin membaca apapun? Pernah berpikiran untuk istirah sebentar dari kepenatan tersebut? Kepenatan karena menghadapi ruang maya yang ternyata juga dapat menguras emosi dan ketenangan.

Media sosial memang platform yang menyenangkan. Banyak hal yang bisa dilakukan di sana. Menghabiskan waktu dengan berinteraksi dengan teman online hingga membagikan banyak hal di sana. Namun sering kita lihat banyak sekali informasi yang membanjiri kita ketika membuka medsos. Entah itu dari rekomendasi, hingga hal yang dibagikan teman-teman, bahkan postingan kita sendiri. Ada postingan yang membuat emosi, membuat jijik, sedih, bahkan ketakutan. Atau bahkan insekyuritas hingga overthingking.

Tak bisa dipungkiri bahwa medsos adalah tempat untuk ajang pamer sesuatu tanpa kita sadari. Pamer apapun yang baru, prestasi, hingga pengalaman. Siapa yang bisa mengendalikan perasaan manusia jika memang sedang tidak bisa dikendalikan? Melihat prestasi orang lain, minder dan merasa diri sendiri kecil. Sedih, lalu rasa tidak percaya diri datang. Tidak hanya itu, kadang kita mudah marah jika melihat suatu postingan yang mengganggu, atau bahkan melontarkan kata makian, hingga emosi menjadi tidak stabil.

Bagaimana jika saya tawarkan untuk rehat sebentar? Istirahat dan tantang diri Anda untuk tidak membuka medsos. Bisa dimulai dari satu jam tanpa medsos, dua jam, sehari, seminggu, bahkan sebulan. Semuanya dimulai dari waktu yang singkat dulu. Coba nikmati waktu Anda tanpa medsos dengan mengerjakan hal lain yang menyenangkan seperti menggambar, bermain dengan keponakan, atau sekadar mengobrol dengan orang lain secara langsung.

Rehat atau istirahat dari hiruk pikuk medsos bisa dikatakan sebagai puasa medsos. Ya seperti puasa biasanya, tapi kali ini yang ditahan adalah napsu untuk tidak membuka atau kepo dengan medsos Anda. Seperti yang saya katakan sebelumnya, mulai dari waktu yang singkat dulu. Mulai dari langkah yang kecil terlebih dahulu baru lama kelamaan Anda akan terbiasa. Tapi ingat, lakukan ini tanpa paksaan dan coba rasakan manfaatnya. Coba pahami diri Anda dan eksplorasi lebih luas lagi mengenai hal-hal sebelumnya bahkan tidak Anda perhatikan. Menata folder di laptop misalnya?

Penulis: itr
Editor: Ra




Cerah, Harapan Ratu Munawaroh Untuk Generasi Milenial

  • Rabu, 07/10/2020 17:04:05 WIB
  • Dibaca: 2402

JAMBI - Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak bulan februari lalu tidak hanya dirasakan di Jambi, tapi juga di In...