Melek Teknologi dan Informasi ​

Illustrasi
Share

jektv.co.id - Era globalisasi mendorong banyak sektor kepada teknologi yang mutakhir dan modern. Banyak dari kita belum menyadari bahwa teknologi saat ini sedang berkembang sangat pesat, baik di industri, perdagangan, dan interaksi sosial hampir semua sektor dikuasai teknologi yang memudahkan kehidupan manusia. Omset yang diraup melalui teknologi terbilang sangat besar, bahkan banyak pekerjaan konvensional hari ini lebih efisien ketika dialihkan menjadi teknologi yang mutakhir. Salah satu yang berhasil dan menarik banyak perhatian masyarakat adalah hadirnya Ojek Online. Selain praktis dan mudah digunakan, tarif ojek berbasis daring ini lebih terkontrol atau pasti. Berbeda dengan ojek konvensional yang tarifnya tidak menentu, bahkan penumpang sering tertipu oleh oknum ojek yang nakal.

​Selain dalam industri transportasi, teknologi juga merambah ke dalam interaksi sosial berupa media sosial platform. Saat ini ada banyak model media sosial yang dapat kita akses dengan mudah untuk mencari pertemanan, relasi, hingga pekerjaan. Industri kreatif ikut berkembang pesat seiring berkembangnya teknologi yang ada di Indonesia. Banyak anak muda saat ini lebih memilih bekerja di dunia industri kreatif dibandingkan pekerjaan seperti PNS atau kantoran. Alasan sederhananya adalah menyenangkan dan dapat menghasilkan uang. Pekerjaan di industri kreatif membuat seseorang bekerja pada passion-nya, sehingga para pelaku industri kreatif benar-benar bekerja sepenuh hati.

​Penting sekali bagi kita untuk melek terhadap teknologi, karena semakin pesatnya teknologi maka informasi akan semakin cepat pula menyebar. Ada sisi negatif dan positif berkembangnya teknologi dan informasi, yaitu bila keduanya tidak dibekali oleh ilmu pengetahuan dan kesadaran seseorang dalam melihat peristiwa yang ada. Saat ini informasi sangat mudah diakses di mesin pencari bernama google, sehingga sering terjadi kesalahpahaman pembaca yang tidak terelakkan. Salah satu contohnya adalah berita hoax yang sering berseliweran di dunia maya. Peristiwa ini terjadi akibat dorongan dari teknologi dan informasi yang sangat pesat, sehingga seseorang dapat dengan mudah menulis atau menyebarkan berita meskipun tidak sesuai fakta.

​Celakanya adalah ketika masyarakat kita tidak membekali dirinya dengan daya membaca dan pengetahuan yang cukup. Berita bohong yang terus diulang-ulang akan dianggap sebagai suatu fakta yang benar terjadi. Padahal pada realitanya berita tersebut hanyalah dibuat-buat dan tidak benar terjadi. Hal inilah yang harus terus kita sadari seiring berkembangnya teknologi dan informasi. Selalu ada sisi positif dan negatif dalam suatu peristiwa yang terjadi, dan kita harus siap untuk menghadapinya.

Penulis: itr
Editor: Ra




Pilkada Aman Tiru Amerika

  • Selasa, 22/09/2020 07:56:03 WIB
  • Dibaca: 531

JAKARTA – Kemendagri sangat memperhatikan setiap saran dan masukan yang disampaikan oleh berbagai pihak. Demi...