Kenali Penyakit dari Sakit Kepala

Illustrasi
Share

jektv.co.id - Ada beragam jenis sakit kepala. Namun bagaimana pun rasa yang muncul, jangan dibiarkan.

Spesialis Saraf, Dr Muh Akbar SpS (K) PhD mengatakan, nyeri kepala tidak boleh dibiarkan karena ada yang primer dan sekunder. Semua bisa berdampak fatal hingga menghilangkan kesadaran. Nyeri kepala sekunder itu gejala dari penyakit, atau dikenal karena adanya penyakit tertentu. Di antaranya,

1. Tumor Otak

Nyeri kepala yang perlahan-lahan muncul. Seiring waktu, makin lama nyerinya semakin bertambah.

2. Infeksi Otak

Nyeri kepala disertai demam dan leher kaku. Nyeri yang perlahan muncul dan kadang hilang sendirinya.

3. Strok Pendarahan

Nyeri kepala yang tiba-tiba muncul dan kadang disertai kondisi tidak sadarkan diri. Selain itu, ketika tekanan darah tinggi, muncul rasa nyeri di kepala.

4. Trauma Otak

Nyeri kepala sering muncul usai mengalami kecelakan berat dan kepala telah mengalami benturan keras.

“Nyeri kepala gejala-gejalanya seperti jenis sekunder itu harus dikonsultasikan langsung, setelah itu baru bisa diketahui penanganannya. Selain itu, jika mengalami nyeri kepala sekunder jangan dibiarkan karena itu bisa membuat hilang kesadaran,” terang Akbar kepada FAJAR, Jumat, 14 Agustus.

Untuk primer, nyeri kepala yang muncul karena penyakitnya itu sendiri. Misalnya migrain dan nyeri kepala tipe tegang. Ada juga nyeri kepala saat ingin menstruasi dan nyeri kepala karena tidak puas dalam hubungan seksual. Dokter Akbar menyampaikan, nyeri kepala seperti itu dominan dipengaruhi oleh makanan. Selain itu, juga karena psikologi seseorang, seperti cemas berlebih atau stres.

Spesialis Kesehatan Jiwa RS Stella Maris Makassar, dr Agus Japari SpKJ juga menyampaikan, nyeri kepala pada dasarnya tidak bisa terlepas dari pengaruh psikologi seseorang. “Cemas dan stres bisa membuat orang sering merasakan juga nyeri kepala. Kondisinya seperti, leher tegang dan kepala nyeri. Kondisi itu muncul jika mood mulai kurang baik,” tutupnya. (sal/dni)

Penulis: sal
Editor: ra
Sumber: fin.co.id




Ada 7 Menteri Jokowi Berpotensi Besar Maju Pilpres 2024, Risma dan Tito Masuk

  • Jumat, 16/04/2021 10:20:25 WIB
  • Dibaca: 65

JAKARTA – Setidaknya ada tujuh menteri pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai memiliki potensi b...