Dukung Promosi Wisata, Dosen Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi Bangun Sistem Informasi Geografis dan Virtual Tour Taman Kota Jambi

Dukung Promosi Wisata, Dosen Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi Bangun Sistem Informasi Geografis dan Virtual Tour Taman Kota Jambi
Dukung Promosi Wisata, Dosen Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi Bangun Sistem Informasi Geografis dan Virtual Tour Taman Kota Jambi
Share

JAMBI - Pandemi Covid-19 telah mengubah wajah industri pariwisata. Banyak wisatawan mengurungkan liburan keluar negeri maupun keluar kota. Masyarakat dihadapkan dengan ketidakpastian kapan pandemi ini akan berakhir, sehingga masyarakat dituntut untuk melakukan penyesuaian yang dikenal dengan istilah “new normal”.

Berwisata di dalam kota merupakan suatu pilihan yang tepat, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Sejak kepemimpinan Walikota Bapak H. Syarif Fasha telah banyak taman kota dibangun dan direnovasi menjadi lebih cantik. Sayangnya pemanfaatan taman kota ini masih belum maksimal karena kurang promosi sehingga masyarakat masih banyak belum mengetahui keberadaan dan fasilitasnya.

Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen prodi Sistem Informasi Universitas Jambi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat degan mitra Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi. Tim Terdiri dari Tri Suratno, S.Kom, M.Kom selaku ketua, serta anggota dosen lain yaitu Mauladi, S.kom, M.Eng, Reni Aryani, S.Kom, M.S.I, Edi Saputra, S.T, M.Sc, dan Ulfa Khaira, S.Komp, M.Kom. Menyelenggarakan kegiatan implementasi Sistem Informasi Geografis dan Virtual Tour Taman Kota sebagai upaya tingatkan promosi wisata.

Latar belakang dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membantu pemerintah kota Jambi mempromosi wisata taman kota. Dengan harapan peningkatan kunjungan wisata tentunya juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Kegiatan Sosialisasi dan pendampingan penggunaan Sistem Informasi Geografis dan Virtual Tour Taman Kota dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2020. Sistem Informasi ini akan dapat dinikmati oleh masyarakat karena berisi segala informasi mengenai taman kota termasuk fasilitas dan petunjuk arah terintegrasi dengan google map. Selain itu terdapat fitur virtual tour yang merupakan suatu inovasi menyajikan simulasi panorama lokasi yang atraktif.

Kegiatan pengabdian ini berlangsung dengan lancar dan sangat menarik minat staf DLH sebagai operator, serta masyarakat sebagai pengguna. Lebih lanjut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi Dr. H. Ardi, SP, M.Si menyampaikan kepada tim pengabdian agar kegiatan ini dapat berlanjut di tahun mendatang.

Editor: Ra




Ustaz Abdul Somad Diusulkan Pimpin Partai Masyumi, Musni Umar: Harus Ada Tokoh Sentral

  • Senin, 09/11/2020 08:53:44 WIB
  • Dibaca: 2542

JAKARTA– Partai Masyumi kembali aktif setelah deklarasi resmi pada Sabtu (7/11/2020). Acara deklarasi partai ...