Resep Es Kopi Kekinian yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Illustrasi
Share

jektv.co.id - Kopi kini menjadi salah satu bisnis usaha yang sangat menjanjikan, dengan harga segelas cangkir kopi yang juga berbeda-beda.

Mulai dari harga 40 ribu bahkan hingga lebih. Tapi tipstrenners untuk satu cankir kopi dengan harga tersebut nampaknya memang terlalu boros.

Nah dari pada terus menerus menjadi boros, berikut merupakan resep es kopi kekinian yang bisa kalian buat sendiri di rumah.

Bahan:
– Kopi espresso 50 – 55 ml
– Krimer 10-15 ml
– Gula aren 15-25 ml
– Susu segar 120 ml
– Es batu secukupnya

Komposisinya bisa disesuaikan dengan selera. Jika Anda suka yang lebih pahit, perbanyak espresso. Sebaliknya perbanyak komposisi gula dan susu bila ingin rasanya tidak terlalu pahit.

Ada beberapa bahan alternatif bila sulit mencari bahan harusnya tersedia. Misalnya jika tidak punya mesin penggiling biji kopi.

Espresso bisa didapatkan dari kopi kemasan yang harganya lebih terjangkau. Bila tidak punya susu segar murni, susu UHT (Ultra High Temperature) rendah lemak yang harganya relatif lebih murah bisa jadi pilihan.

Sedangkan gula aren yang memberi sensasi kelapa segar juga bisa diganti dengan kental manis bila Anda tidak memilikinya di rumah.

Sementara itu, krimer juga bisa diganti dengan santan kental yang akan memberikan citarasa serupa dengan es kopi susu ala kafe.

Setidaknya membuat di rumah bisa jauh lebih irit kan tipstrenners?

Editor: Ra




Cerah, Harapan Ratu Munawaroh Untuk Generasi Milenial

  • Rabu, 07/10/2020 17:04:05 WIB
  • Dibaca: 2366

JAMBI - Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak bulan februari lalu tidak hanya dirasakan di Jambi, tapi juga di In...