Melalui CSR, PetroChina Turut Galakkan Hidup Bersih dan Sehat

Kepala bidang pengolahan sampah dan limbah B3 dinas lingkungan hidup Tanjung Jabung Timur, Alfajri
Kepala bidang pengolahan sampah dan limbah B3 dinas lingkungan hidup Tanjung Jabung Timur, Alfajri
Share

Tanjung Jabung Timur- Sampah menjadi persoalan serius yang turut ditanggapi oleh PetroChina International Jabung Ltd. Guna menjaga kebersihan yang bukan hanya bicara di lokasi operasi, namun wilayah lingkungan sekitar operasi, terus digaungkan dengan berbagai langkah nyata. Berbagai upaya telah dilakukan, agar lingkungan sekitar operasi terlihat bersih dan menjadi daerah yang sehat. Di wilayah Tanjung Jabung Timur, PetroChina turut membantu penyediaan 8 (delapan) tempat pembuangan, yang merupakan bantuan corporate social responsibility (CSR).

Kepala bidang pengolahan sampah dan limbah B3 dinas lingkungan hidup Tanjung Jabung Timur, Alfajri menuturkan, delapan bak untuk tempat pembuangan sampah (TPS) tersedia di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Muara Sabak Barat dan Kecamatan Geragai, realisasi CSR PetroChina. Usulan pembangunan bak TPS ini telah dilakukan pada tahun 2019 lalu, dan di tahun 2020 terealisasi. Selain itu, pada tahun ini DLH Tanjung Jabung Timur turut mengusulkan dua paket pengadaan berupa alat pengolahan sampah kontainer, yang sifatnya dapat dipindahkan.  

Harapan mendapatkan tambahan 10 bak kontainer sampah dan 1 TPS3R (Teknologi Recycling Sampah) dari bantuan CSR PetroChina pun turut dilontarkan, guna mengatasi persoalan sampah yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Terima kasih atas bantuan PetroChina. Namun harapan kami juga, adanya bak kontainer sampah yang tentu sangat diperlukan. Sebab bisa dipindah-pindahkan. Apalagi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur banyak pasar, yang dibuka di hari-hari tertentu. Jadi kita bisa meletakkan kontainer sampah di lokasi pasar kalangan. Adanya bak TPS semoga keberadaannya bisa maksimal." jelasnya.

Sementara itu, Ijal selaku warga Kelurahan Talang Babat mengatakan, dengan adanya TPS dari bantuan CSR PetroChina, berdampak positif bagi kebersihan di sekitar wilayahnya. Sebab sampah-sampah yang berserakan dapat diminimalisir.

"Sekarang kebersihan wilayah kami sudah mulai terjaga dengan adanya TPS ini. Ndak ado lagi sampah yang berserakan dan aroma busuk yang timbul dari sampah. Sampah yang ada di bak TPS ini juga rutin dibersihkan," ungkapnya.(Rma/M)