10 Jenis Makanan ini Baik untuk Penderita Ginjal

Illustrasi
Share

jektv.co.id - Penyakit ginjal tidak bisa diabaikan. Ginjal melakukan banyak fungsi penting dalam tubuh, salah satunya adalah untuk menyaring dan membuang limbah, seperti racun atau garam berlebih.

Karena itu, menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting.

Orang dengan gangguan ginjal perlu menjaga asupan dengan mengonsumsi makanan sehat demi menjaga kondisi kesehatannya. Penderita amat dianjurkan untuk melakukan diet khusus dengan membatasi konsumsi sodium, potasium, fosfor, dan protein.

Sebaliknya, penderita dianjurkan untuk konsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk ginjal berikut ini:

1. Ikan

Makanan untuk kesehatan ginjal yang pertama adalah ikan yang tinggi akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna. Tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3 sendiri, sehingga manusia harus mendapatkannya dari makanan.

Lemak omega-3 dapat mengurangi kadar lemak jahat dalam darah dan berhubungan dengan penurunan tekanan darah. Karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit ginjal, maka penurunan tekanan darah dapat membantu melindungi ginjal.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan lobak, termasuk ke dalam jenis makanan untuk kesehatan ginjal. Selain itu, sayuran hijau baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Makanan ini kaya antioksidan dan baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral manusia. Namun, sayuran hijau juga cenderung tinggi kalium, jadi tidak cocok untuk pasien yang sudah memiliki gangguan ginjal tahap lanjut dan menjalani hemodialisis.

3. Bluberi

Bluberi mengandung antioksidan bernama antosianin yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif, dan diabetes. Buah ini juga dapat dijadikan salah satu bahan diet yang ramah pada ginjal karena rendah sodium, fosfor, serta kalium.

4. Apel

Apel termasuk salah satu makanan untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dikemukakan oleh sebuah studi dalam Journal of American Society Nephrology.

Studi yang melibatkan lebih dari 10 ribu orang berusia produktif tersebut menemukan, setelah diamati lebih dari 10 tahun, terdapat kaitan antara konsumsi apel dengan penurunan risiko batu ginjal.

5. Anggur

Mirip dengan bluberi, anggur mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C dan antioksidan flavonoid yang dapat mengurangi peradangan. Satu hal yang juga penting, anggur termasuk makanan yang baik untuk ginjal.

6. Putih Telur

Makanan untuk kesehatan ginjal yang satu ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Berbeda dengan kuning telur yang tinggi akan fosfor, putih telur ramah terhadap ginjal karena rendah fosfor.

Jika Anda menderita penyakit ginjal, sebaiknya konsumsi dua putih telur berukuran besar (66 gram) yang mengandung sodium 110 mg, kalium 108 mg, dan fosfor 10 mg.

7. Minyak Zaitun

Sebagai sumber lemak dan bebas fosfor, minyak zaitun menjadi asupan yang tepat bagi penderita penyakit ginjal. Pasalnya, Anda yang memiliki penyakit ginjal umumnya sulit menjaga berat badan. Karena itu, asupan makanan sehat yang tinggi kalori seperti minyak zaitun menjadi penting.

8. Kubis

Kubis kaya akan vitamin dan mineral. Makanan yang baik untuk ginjal ini juga merupakan sumber vitamin K, vitamin C, vitamin B, dan asam folat. Selain itu, kubis menyediakan serat tidak larut yang dapat menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat.

9. Ayam Tanpa kulit

Bagi Anda yang mengalami masalah pada ginjal, sudah seharusnya membatasi asupan protein. Namun, agar kebutuhan protein Anda tetap tercukupi, dada ayam tanpa kulit dapat menjadi pilihan karena mengandung lebih sedikit fosfor, kalium, dan natrium.

Pilihlah ayam yang segar, serta perhatikan pula pengolahannya. Pasalnya, metode pengolahan dengan cara dibakar membuat ayam cenderung mengandung banyak natrium dan fosfor.

Selain itu, Anda disarankan mengonsumsi tiga ons dada ayam tanpa kulit yang mengandung 63 mg sodium, 216 mg kalium, dan 192 mg fosfor.

10. Bawang

Bawang biasa digunakan sebagai penyedap hampir di setiap olahan makanan Indonesia. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan ginjal, tak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi makanan dengan bawang sebagai penyedap.

Alasan makanan ini baik untuk kesehatan ginjal adalah karena bebas natrium. Anda dapat menumis bawang putih atau bawang bombai yang rendah kandungan fosfornya menggunakan minyak zaitun.

Selain menambah cita rasa pada hidangan, bawang juga tidak membahayakan kesehatan ginjal Anda.

Jagalah asupan dan gaya hidup Anda sejak dini untuk menjaga ginjal Anda tetap sehat. Hindari makanan tinggi lemak jenuh dan minuman dengan tambahan pemanis buatan yang tinggi kalori.

Selain pola makan yang sehat, menjaga kesehatan ginjal juga dapat dilakukan dengan kontrol ketat faktor risiko gangguan jantung, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi.(WA/klikdokter)





Cerah, Harapan Ratu Munawaroh Untuk Generasi Milenial

  • Rabu, 07/10/2020 17:04:05 WIB
  • Dibaca: 2416

JAMBI - Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak bulan februari lalu tidak hanya dirasakan di Jambi, tapi juga di In...