Kulit Pria Rentan Flek Hitam

Illustrasi
Share

jektv.co.id- Flek hitam pada kulit pria rentan muncul, terutama yang sering terpapar sinar matahari. Tak hanya di wajah, tetapi lengan, dada, dan leher juga.

Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Alwi A Mappiasse SpKK PhD mengatakan, untuk pria lebih rentan bagi yang sering lama terpapar sinar matahari pada pukul 10.00 hingga 14.00. Flek hitam pada pria tidak hanya muncul di wajah, tetapi ada di kulit lengan, dada, dan leher.

Flek hitam merupakan kondisi yang wajar dan dapat terjadi di segala usia, terutama di musim panas dan pada orang yang berkulit putih. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan produksi pigmen alami kulit (melanin). Flek hitam pada kulit pria lebih dominan hanya karena lama terpapar sinar matahari. Sebab sinar ultraviolet (UV) memicu efek radikal bebas di kulit, sehingga muncul bintik kecoklatan yang menjadi awal kemunculan flek hitam. Apabila radikal bebas dibiarkan dan bertambah parah, masalah flek hitam bisa menjadi lebih serius ke kulit.

“Bahkan, kerap pria memiliki lebih banyak flek hitam dibanding wanita. Sama halnya jerawat, pria lebih banyak muncul dibanding perempuan. Kondisi kulit pria dan wanitalah menjadi pembeda,” jelasnya seperti dikutip dari Harian Fajar (Fajar Indonesia Network Grup), Selasa, 8 September.

Perbedaannya, seperti pori-pori pada wajah pria lebih besar dan menyebabkan produksi minyak berlebih ketimbang wanita. Inilah mengapa pria dianjurkan mencuci wajah secara teratur, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.

Terpisah, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dr dr Siswanto Wahab SpKK FINSDV FAADV menjelaskan, hitam pada kulit akan terlihat seperti bercak atau titik noda berwarna cokelat terang yang merata. Terkadang, petanda awal flek hitam pada kulit pria tidak begitu nampak karena warna kulit yang dominan coklat untuk wilayah tropis ini. Tetapi, flek hitam akan memudar seiring berkurangnya intensitas paparan sinar matahari. Flek hitam juga dapat terjadi karena bawaan genetik. Orang-orang dengan kulit cerah dan memiliki rambut pirang atau merah adalah yang sering mengalami kondisi ini. “Jika sudah mengganggu penampilan, segera konsuktasikan ke dokter,” tuturnya.

Kulit pria lebih mudah mengelupas ketimbang kulit wanita. Oleh karena itu, Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Alwi A Mappiasse PhD menegaskan, pria harus lebih sering membersihkan wajah. Menggunakan scrub pembersih wajah lebih sering dibandingkan dengan wanita. “Itu sebabnya, produk perawatan wajah pria biasanya memiliki konsentrasi zat pembersih yang lebih tinggi dibandingkan produk pembersih wajah wanita,” ujarnya, Selasa, 8 September.

Sementara itu untuk masker tidak ada ketentuan khusus. Intinya untuk pria yang produk dengan konsistensi ringan dan cepat menyerap.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UMI, Dr Andi Asrina SKM M Kes menyampaikan, bisa menggunakan madu untuk masker. “Ini sangat aman digunakan,” katanya.

Madu mengandung banyak mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Kandungan tersebut sangat berguna dalam perawatan wajah terutama sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah, karena dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru. (sal/dni)

Penulis: sal
Editor: Ra
Sumber: fin.co.id




Pilkada Aman Tiru Amerika

  • Selasa, 22/09/2020 07:56:03 WIB
  • Dibaca: 531

JAKARTA – Kemendagri sangat memperhatikan setiap saran dan masukan yang disampaikan oleh berbagai pihak. Demi...