Cegah Penyebaran Covid-19, Tingkatkan Gizi Masyarakat

Illustrasi
Share

jektv.co.id – Kelompok Pengabdian bagi Masyarakat Skema Kesehatan (PbMSK) Universitas Siliwangi (Unsil) melaksanakan sosialisasi pencegahan Covid-19. Mereka melaksanakan penyuluhan di Posyandu Pengkolan Desa Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Sabtu (12/9/2020).

Tema penyuluhan yaitu Lawan Covid-19 Melalui Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh dan Status Gizi dengan Konsumsi Minuman dan Kesehatan Berbasis Meniran.

Ketua Kelompok PbMSK yang juga, Ketua Jurusan Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi Dr Ai Sri Kosnayani Novia KS MT mengatakan, seluruh dosen di Universitas Siliwangi memiliki kewajiban melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat tahun ini, karena momennya Covid-19, sehingga diarahkan melaksanakan pencegahan Covid-19.

“Penelitian ini lebih kepada cara pencegahan Covid-19 dan peningkatan kekebalan tubuh,” kata dia kepada radartasik.idSabtu (12/9/2020).

Sebagai doktor dari lini kesehatan dan kedokteran, dia juga sudah melaksanakan penelitian selama kurang lebih lima tahun tentang manfaat tumbuhan meniran untuk kesehatan. Sehingga dalam pengabdian masyarakat itu, hasil penelitian itu tinggal diaplikasikan.

“Meniran ini memiliki khasiat meningkatkan kekebalan tubuh memperbaiki seratus lemak, menurunkan gula darah, tekanan darah, kolesterol dan lainnya. Termasuk menekan resistensi insulin,” ungkap dia.

Ai menjelaskan, tumbuhan meniran kaya manfaat sehingga bisa dijadikan salah satu alternatif bagi masyarakat, khususnya dalam peningkatan imunitas tubuh di massa pandemi seperti saat ini. Termasuk memperbaiki status gizi yang lebih dan memperbaiki yang kurang.

“Makanya dalam pengabdian ini menjelaskan tentang bagai mana pencegahan Covid-19 juga, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, asupan makanan yang bergizi dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi,” jelas Ai.

Kegiatan pengabdian masyarakat itu akan dilaksanakan di Posyandu Pengkolan dan Posyandu Pasir Ipis. “Untuk tahap keduanya akan melaksanakan pelatihan pembuatan minuman dari tumbuhan meniran dengan berbagai varian rasa, seperti madu, jahe dan lemon. Itu akan kita laksanakan pada tanggal 19 September,” kata dia.

Ai menjelaskan, sasaran pengabdian masyarakat kali ini yaitu untuk pencegahan dan peningkatan asupan gizi di posyandu, karena posyandu merupakan kelompok yang tepat diberikan pengetahuan tentang asupan gizi.

“Posyandu ini kelompok masyarakat yang tepat bila diberikan sosialisasi mengenai peningkatan imunitas tubuh dan juga pencegahan Covid-19, karena cukup berdampak besar dalam kesehatan keluarga,” kata dia seperti dikutip dari Radar Tasikmalaya (Fajar Indonesia Network Grup).

Ai berharap, dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini, bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tentu dengan imunitas tubuh yang bagus. “Mudah- mudahan saja gizi masyarakat bisa terpenuhi,” harap dia. (ujg)

Penulis: ujg
Editor: Ra
Sumber: fin.co.id




KPU BATANGHARI RESMI UMUMKAN TIGA PASLON BERDASARKAN NOMOR URUT

  • Jumat, 25/09/2020 15:35:41 WIB
  • Dibaca: 1056

Batanghari- Pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Batanghari sukses digel...