Desa Dataran Kempas Menjadi Destinasi Wisata Terbaru,Prodi Sistem Informasi Unja Luncurkan Website Agro-Edu Wisata.

Desa Dataran Kempas Menjadi Destinasi Wisata Terbaru,Prodi Sistem Informasi Unja Luncurkan Website  Agro-Edu Wisata
Desa Dataran Kempas Menjadi Destinasi Wisata Terbaru,Prodi Sistem Informasi Unja Luncurkan Website Agro-Edu Wisata
Share

JAMBI - Tim PPM Prodi Sistem Informasi UNJA yang diketuai oleh Bpk. Indra Weni, M.Komtelah melakukan kegiatanPengabdian Kepada Masyarakat (PPM) di Desa Dataran Kempas Kab.Tanjung Jabung Barat dengan tema Implementasi Sistem Informasi Agro-Edu Wisata Desa Dataran Kempas Sebagai Optimalisasi Pariwisata.

Desa Dataran Kempas merupakan salah satu desa binaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) dari PT Wirakarya Sakti (WKS), anak perusahaan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas. Banyaknya potensi di bidang pertanian, peternakan dan home industry.Desa Dataran Kempas berpeluang untuk dikembangkan sebagai sebuah daya tarik wisata berbasiskan aktivitas pertanian.

Agrowisata merupakan aktivitas perjalanan wisata yang memanfaatkan sektor pertanian mulai dari awal produksi hingga diperoleh produk pertanian dengan tujuan memperluas pengetahuan dan rekreasi di bidang pertanian.

Dalam hal ini, Tim PPMProdi Sistem Informasi Universitas Jambi membantu dalam Optimalisasi Potensi Agro-Edu Wisata di Desa Dataran Kempas dengan membuat sebuah Sistem Informasi Promosi berbasis website.Tujuan dibuatnya website ini adalah sebagai bentuk promosi untuk manarik wisatawan sekaligusdapat membantupara kelompok wirausaha tanidalam memasarkan hasil produknya sehingga dapat memperluas pangsa pasar dan menjadi daya tarik konsumen.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pemuda Karang Taruna, Kelompok Wirausaha Tani, Kepala Desa Dataran Kempas Bpk Asbar Nofendra, Kades Dataran Kempas Bpk Supari beserta jajaran perangkat desa,dan beberapa orang Tim PPM serta Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi.                                                                     

Sosialisasi dilakukan kepada pemuda karang taruna dan dari berbagai kelompok wirausaha taniagardapat mengetahui bagaimana cara kerja dan mekanisme dari website tersebut. Pemberian materi di sampaikan oleh Bpk. Indra Weni, M.Kom selaku Ketua Tim PPM mengenai  konsep agro-eduwisata. Selanjutnya cara penggunaan serta akses website agro-edu wisata oleh ibu Ulfa Khaira, S.Komp.,M.Kom. Terlihat antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Adapun hasil olahan pertanian desa dataran kempas yang dijual oleh kelompok wirausaha tani seperti produk wedang jahe merah, pupuk kompos dan jamur.Bagi wisatawan yang tertarikdapat mengakses website Agro-edu wisata Desa Dataran Kempas di halaman http://agrowisata-datarankempas.com.

Agar website tersebut lebih dikenal diharapkan bantuan pemuda karang taruna untuk mempromosikan website http://agrowisata-datarankempas.com serta mengajak para kelompok wirausaha tani untuk selalu mengupdate informasi produk mereka. Pemuda karang taruna akan dibina secara periodik oleh Dosen Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi dalam melakukan pengelolaan website http://agrowisata-datarankempas.com.

Diakhir kegiatan, Tim PPM Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi memberikan kenang – kenangan berupa 1 (satu) unit laptop sebagi alat bantu bagi pemuda karang taruna dalam mengelola website http://agrowisata-datarankempas.com. Penyerahan satu unit laptop diberikan langsung oleh Bpk. Indra Weni, M.Kom selaku Ketua TIM PPM.

Editor: Ra




Cerah, Harapan Ratu Munawaroh Untuk Generasi Milenial

  • Rabu, 07/10/2020 17:04:05 WIB
  • Dibaca: 2416

JAMBI - Masa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak bulan februari lalu tidak hanya dirasakan di Jambi, tapi juga di In...