PetroChina Bantu Pengembangan Koperasi Masyarakat di Tanjabtim

Illustrasi
Share

TANJAB TIMUR - Pengembangan kegiatan usaha masyarakat yang tergabung dalam koperasi, turut menjadi perhatian PetroChina International Jabung Ltd. Salah satu contohnya yaitu Koperasi Syariah Srikandi Sukses Bersama (KSSSB), yang berada di Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. KSSSB merupakan Program Pengembangan Masyarakat (KPM), binaan SKK Migas - Petrochina yang berada di wilayah ring 1 operasional perusahaan.

Produk UKM yang dipasarkan melalui koperasi ini diantaranya yakni kue, produk makanan ringan, dan kain batik serta karya busana yang dihasilkan para anggota koperasi. Pemasaran dilakukan melalui toko, yang berada di RT 19 dengan bangunan ruko permanen.

Syamsul Hadi selaku ketua koperasi yang ada di Kecamatan Geragai ini menjelaskan, bagaimana akhirnya Koperasi Syariah Srikandi Sukses Bersama hadir di tengah masyarakat.

“Koperasi kami itu ada setelah Jambi Kreatif. Dari situ kami disarankan untuk membuat komunitas. Setelah kami membuat komunitas lalu sering berkumpul minimal sebulan sekali. Dari kumpul-kumpul itu keluar ide-ide tertentu, diantaranya bagaimana kalau kita membuat koperasi. Banyak kendala pada awal berdirinya KSSSB mulai dari modal, pemasaran, dan pelatihan keterampilan,”

Jumlah UMKM yang bermitra dengan Koperasi Syariah Srikandi Sukses Bersama di Kecamatan Geragai saat ini merupakan para pelaku usaha rumah tangga dari beberapa kecamatan lain di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, seperti Kecamatan Mendahara Ilir, Mendahara Ulu, dan Kecamatan Kuala Jambi. Koperasi ini dirancang sebagai wadah atau pusat oleh-oleh di Kabupaten Tanjab Timur.

“Walau masih berada di Kecamatan Geragai, tapi terus kita kembangkan keluar daerah. Di Mendahara Ilir ada 4 UMKM, Kuala Jambi ada 3 UMKM, dan Mendahara Ulu ada 1 UMKM yang bergabung menitipkan produknya.” tuturnya.

Penguatan KSSSB ini diakui Syamsul lebih fokus di bidang perdagangan, seperti produk makanan berupa camilan kerupuk khas daerah dan kue. Namun juga ada beberapa produk lainnya seperti batik.

“Kalau penguatan koperasi kami itu fokus di bidang perdagangan, seperti makanan ringan berupa camilan dan kue. Ada batik hasil para penjahit, namun yang banyak itu ya kuliner, seperti kerupuk khas dari Mendahara Ilir, kemudian kerupuk udang khas Kuala Jambi, kemudian keripik pisang khas Mendahara Ulu.” pungkasnya.

Nelly Wirawati selaku Bendahara KSSSB turut menceritakan mula berdirinya koperasi tersebut. Yakni sejak tahun 2016, yang kemudian melakukan pengajuan proposal kepada pihak SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd. pada Tahun 2017 lalu. Pihaknya telah menerima bantuan berupa fasilitas penunjang kebutuhan koperasi.

“Berdirinya koperasi ini tahun 2016 dan sudah mulai berjalan. Hanya kalau untuk diakui notaris itu tahun 2017, dan sudah mendapat izin. Alhamdulillah berlaku sampai sekarang, kemudian kami mengajukan proposal kepada PetroChina, yang selanjutnya mereka pelajari. Dengan bermodalkan izin dari dinas terkait, Alhamdulillah proposal diterima dengan total bantuan dari PetroChina sekira 100 juta, yang cair di tahun 2019. Bantuan tersebut berupa barang mulai dari etalase, rak jualan,kipas angin, lemari, bahkan laptop.” ujarnya.

Dipaparkan Nelly, yang tergabung dalam KSSSB adalah masyarakat sekitar lingkungan perusahaan PetroChina, khususnya ibu rumah tangga yang didominasi oleh penjahit, dan lainnya merupakan penjual makanan ringan. KSSSB memiliki anggota aktif sekira 24 orang. Pengembangan pengetahuan anggota diberikan dalam bentuk pelatihan oleh pihak PetroChina, guna mendukung usaha koperasi baik dalam hal pemasaran dan pengembangan sumber daya manusia.

“Anggota memiliki potensi, bakat, dan mengembangkan skillnya masing-masing, setelah diadakan pelatihan oleh PetroChina dengan sistem mendatangkan profesional," paparnya.

Pada kesempatan ini, Nelly mewakili para anggota KSSSB mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PetroChina. Terutama bantuan promosi produk yang dihasilkan oleh para anggota maupun mitra kerja koperasi.

"Respon dari teman-teman setelah ada koperasi yang dibantu PetroChina ini, sebelum pandemi mereka sangat senang sekali, banyak yang mendapatkan hasil dari situ, mereka terbantu. Terima kasih PetroChina sudah sangat membantu. Harapan kami kepada PetroChina tetap bermitra dengan kami, kemudian mau memberikan dukungan penuh dan juga mau ikut membantu dalam hal mempromosikan juga memasarkan produk kami. Terima kasih sudah mau membawa produk-produk UMKM di kegiatan-kegiatan baik di pusat, Palembang, ataupun tempat lain.” tutup Nelly.

Penulis: Rma/M
Editor: Ra